Detail Karya Ilmiah

  • Gaya Hidup Milanisti (Fans Club AC Milan) Di Kabupaten Bangkalan
    Penulis : Putri Merdeka Wati
    Dosen Pembimbing I : Hisnuddin Lubis, S.Sos., M.A
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Abstrak Sepak bola telah lama menjadi olahraga paling diminati di dunia. Popularitas Sepak Bola telah menjadi trend yang tak lekang oleh zaman. Sejumlah pemain bintang terkenal dan klub-klub besar sangat ramai dibicarakan oleh kalangan muda ataupun tua, baik laki-laki ataupun perempuan. Seperti contohnya dengan klub besar dunia yang berasal dari Italia, yaitu AC Milan, suatu klub luar negeri yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Di Indonesia dapat dikatakan masyarakatnya senang terhadap olahraga sepak bola. Dan memiliki cara pandang yang berbeda-beda baik itu dari segi aktor sepak bola itu sendiri maupun sebatas penggemar. Salah satu diantaranya penggemar AC Milan yang merupakan salah satu club dari Negara Italia. Dimana Club ini berdiri sejak 16 desember 1899 dan fans / penggemar dari AC Milan itu disebut MILANISTI. Fenomena Milanisti Bangkalan saat ini juga sudah terjadi budaya konsumsi yang ditandai dengan berkembangnya gaya hidup mereka. Berbagai gaya hidup yang terlahir dari kegiatan konsumsi semakin beragam pada masyarakat perkotaan. Ada sebagian dari milanisti ini gaya hidup konsumtifnya tinggi. Umumnya seperti koleksi jersey maupun pernak-pernik yang berhubungan dengan club AC Milan. Dan Banyak Online shop maupun toko olahraga yang banyak menawarkan kebutuhan mereka. Dan selain itu tuntutan lingkungan, maupun kecintaan terhadap club kesayangannya yaitu AC Milan, yang menimbulkan ingin mengoleksi banyak jersey milan, dan pemilihan lokasi-lokasi nonton bareng untuk mendukung AC Milan. Dan dari ini secara tidak langsung akan tercipta gaya hidup yang konsumtif di kalangan Milanisti Bangkalan. gaya hidup konsumtif Milanisti Bangkalan sebagian dari keselururah adalah mengkoleksi jersey AC Milan sebagai bukti kecintaannya terhadap club AC Milan. Mereka tidak terlalu mementingkan fungsinya namun demi mendapatkan citra bahwa mereka adalah Milanisti di kalangan masyarakat. Kata Kunci: Milanisti, Gaya Hidup Konsumtif, Nilai Tanda dan Simbol

    Abstraction

    Abstract Football has long been the most attractive sports in the world. The popularity of football has become a trend that is timeless. Some famous star players and big clubs are very crowded discussed by the young or old, whether male or female. As an example the world's great clubs coming from Italy, that AC Milan, a club abroad that has many fans in Indonesia. In Indonesia, happy society can be said to the sport of football. And have a perspective different actors both in terms of football itself or merely a fan. One of them fans of AC Milan which is one of the club of the Italian State. Where the Club was established since 16 December 1899, and fans / fans of AC Milan was called Milanisti. Bangkalan Milanisti phenomenon today is already happening culture of consumption that is characterized by the development of their lifestyle. Various lifestyle born of an increasingly diverse consumer activities in urban communities. No part of this prototype of a high consumptive lifestyle. Generally, such a collection of jersey and trinkets related to the club AC Milan. And Many Online shop or sports shop which offers many of their needs. And besides the demands of the environment, as well as the love for his favorite club is AC Milan, which raises want to collect a lot of jersey milan, and selection of locations to watch together to support AC Milan. And from this it will indirectly create a consumptive lifestyle among Milanisti Bangkalan. consumer lifestyle Milanisti Bangkalan portion of keselururah is collecting jersey AC Milan as proof of his love for the club AC Milan. They are not overly concerned with the function yet to have the image that they are Milanisti in the community. Keywords: Milanisti, Consumer Lifestyle, Value Signs and Symbols

Detail Jurnal