Detail Karya Ilmiah

  • Game Semaphore dengan algoritma geometri
    Penulis : EKA PRASETIA YULIANTO
    Dosen Pembimbing I : MUHAMMAD FUAD S.Kom,M.T
    Dosen Pembimbing II :-
    Abstraksi

    Kode Semaphore adalah sebuah kode komunikasi jarak jauh dengan menggunakan dua buah bendera, biasa digunakan pada kegiatan kepramukaan. Semaphore merupakan salah satu cara dalam mengirimkan pesan, informasi, atau berita dengan gesture-gesture khusus menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau tangan yang menggunakan sarung tangan,namun dalam pembelajarannya Semaphore masih secara manual atau masih membutuhkan guru atau instruktur yang memberi contoh atau memberi tahu ketika melakukan gesture yang salah. Oleh karena itu, Pada proyek akhir ini di buatlah sistem Computer vision untuk game sandi Semaphore,game tersebut dapat mengenali gesture pemain yang tertangkap kamera.Dalam proyek akhir ini akan dibuat suatu perangkat lunak yang dapat meng-identifikasi gesture sandi Semaphore melalui citra yang ditangkap oleh kamera yang nantinya ditampilkan dalam video. Proses yang dilakukan meliputi pembacaan gesture menggunakan kamera Kinect kemudian melakukan tahapan proses penegenalan terhadap gesture yang dilakukan dengan metode geometri dimana aplikasi akan menghitung titik skeleton(joint) yang ada pada manusia yang di tangkap oleh sensor kamera Kinect dan akan mencocokan gesture yang dilakukan oleh pemain terhadap posisi skeleton yang sudah ditentukan sebagai suatu gesture sandi Semaphore,didalam algoritma ini kami menggunakan dua parameter untuk mengukur yaitu sudut-sudut yang terbentuk antara dua garis kemudian menghitung posisi joint right hand(joint skeleton dari telapak tangan kanan) dan left hand(joint skeleton dari telapak tangan kanan) berada dikuadran tertentu yang dapat di identifikasi sebagai parameter untuk gesture

    Abstraction

    Semaphore is a long distance communications code by using two flag, commonly use at activity of boy scout. Semaphore represent one of the way of in delivering message, information, or news with special gesture-gesture use flag, oar, bar, empty hand or hand using gauntlet ,but in its study of Semaphore still manually or still require instructor or teacher giving a lead or informing when doing/conducting wrong gesture. Therefore, At this final project in making system of Computer vision for game encode the the Semaphore,Game can recognize caught by player gesture is final project camera.Dalam will be made by an software able to gesture meng-identifikasi encode Semaphore pass/through the capturer image by camera which is later presented in video. Process which is cover read of gesture use camera of Kinect later;then do/conduct step of tracking process and object of penegenalan to done/conducted gesture with geometry method where application will count/calculate skeleton(joint) exist in human being which in catching by censor of camera Kinect and of gesture conducted by player to position of skeleton which have been determined by as gesture encode this Semaphore,in algorithm is we use two parameter to measure that is formed angle;corners among/between two line of kemudia count/calculate dot position of right hand(joint skeleton most tip of from right hand) and skeleton left hand(joint most tip of from right hand) residing in certain dikuadran able to in identifying as parameter for the gesture of Semaphore.

Detail Jurnal