Detail Karya Ilmiah

  • SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MINAT DAN KEMAJUAN BERBAHASA PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING
    Penulis : Moh. Haber
    Dosen Pembimbing I : Eka Mala Sari Rochman, S. Kom., M. Kom
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Usia dini di Taman Kanak-kanak merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi dan kepribadian yang dimiliki oleh anak. Upaya pengembangan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk melalaui penentuan bidang minat. untuk mempermudah para guru dalam proses penentuan berbagai macam bidang minat yang berbeda-beda pada masing-masing anak seperti bermain konstruktif, olahraga, menjelajah dan hiburan, maka dibutuhkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan. Analisa system pendukung keputusan penentuan minat anak tersebut dilakukan dengan metode Forward Chaining. Dalam aplikasi ini, metode tersebut kemudian diterjemahkan dalam sebuah perangkat lunak. Perangkat lunak yang digunakan untuk pengelompokan bidang minat ini berdasarkan pada data dari ciri-ciri masing-masing anak yang kemudian dimasukan pada rule yang dibuat, sehingga akan didapatkan beberapa kesimpulan tentang dari masing-masing anak tersebut. Adanya aplikasi ini dapat membantu para guru dalam menentukan berbagai macam minat dan juga kemajuan berbahasa pada anak.

    Abstraction

    Early age at kindergarten is an effective age to develop the potentials and personalities possessed by a child. This development effort can be done in various ways, including via tail determination of areas of interest. to facilitate the teachers in the process of determining a wide variety of areas of interest are different for each child like to play a constructive, sports, and entertainment venture, it takes a decision support system application. Analysis of the decision support system of determining the child's interest to do with the method of Forward Chaining. In this application, the method is then translated into a software. The software used for grouping areas of interest is based on data on the characteristics of each child is then inserted in the rule made, so that we will get some conclusions about each of the child. This application can help teachers in determining a wide variety of interests and also the progress of language in children.

Detail Jurnal