Detail Karya Ilmiah
-
APLIKASI PEMBELAJARAN MATERI UNAS UNTUK PAKET C MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3Penulis : SUPADLIDosen Pembimbing I : WAHYUDI SETIAWAN. S.Kom,. M.Kom,.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Pembelajaran sangatlah penting di era globalisi saat ini karena masih banyak masyarakat Indonesia yang tingkat pendidikannya masih dibawah standarisasi yang di tentukan pemerintah. Dan tidak heran ketika ditanyakan pendidikan masih banyak alasan, salah satunya keterbatasan biaya, dan asumsi mereka tentang pendidikan bukan hal segalanya untuk hidup. Dan pada saat ini banyak diselenggarakan pendidikan umun setara sd/mi, smp/mts, dan sma/ma yang mencakup paket A, paket B dan paket C. Meskipun sudah banyak yang menyediakan pendidikan alternatif di kalangan masyarakat saat ini masih saja banyak yang kurang berminat. Dalam mengatasi permasalahan yang ada di atas perlu dibentuknya sebuah media pembelajaran agar dapat menarik minat masyarakat disekitar. Penelitian ini meneliti tentang pembuatan aplikasi pembelajaran materi Ujian Nasional untuk paket C dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu melalui desktop yaitu menggunakan flash. Hasil uji coba menunjukan bahwa produk cukup menarik dengan memperoleh presentase 36,6% (cukup), 33,4% (baik), 15,4% (sangat baik), 11,3% (kurang), 3,3% (sangat kurang). Produk ini diharapkan mampu untuk membantu siswa pengguna paket C dalam mempersiapkan Ujian Nasional. Kata kunci : Ujian Nasional, Paket C, IPS
AbstractionLearning is very important in the era globalisi this time because there are many people of Indonesia that education level is still below that specified standardization of government. And do not be surprised when asked education is still a lot of reasons, one of which cost limitations, and their assumptions about education is not everything to life. And at this moment many organized similar education umun sd / mi, smp / mts, and sma / ma which includes package A, package B and C. Although it is already a lot of packages that provide alternative education in the society today are still much less interested , In addressing the problems that exist above need to be the creation of a medium of learning in order to attract people around. This study examines the creation of applications National Exam learning materials to package C by utilizing technological developments, namely through the desktop is to use flash. The trial results showed that the product attractive enough to earn a percentage of 36.6% (enough), 33.4% (good), 15.4% (excellent), 11.3% (or less), 3.3% (very less). This product is expected to be able to assist students in preparing the package C National Exam. Keywords: National Examination, Package C, IPS