Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Kualitas, Harga, dan Citra Merek Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus : UKM Sandal Darmo, Bangkalan)
    Penulis : Febrina Umsy Derta
    Dosen Pembimbing I : Indra Cahyadi, S.T., M.Bus., Ph.D
    Dosen Pembimbing II :Agus Salim, S.T., M.T
    Abstraksi

    Permasalahan yang dijumpai berkaitan dengan keputusan pembelian konsumen pada produk sandal jepit “UKM Sandal Darmo” adalah terjadinya fluktuasi penjualan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas, harga, dan citra merek produk terhadap keputusan pembelian produk sandal jepit “UKM Sandal Darmo”. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk sandal jepit “UKM Sandal Darmo”. Sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling dengan responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas) dan uji regresi logistik dengan menggunakan program SPSS for windows 16.0. Hasil penelitian untuk uji parsial diketahui dari ketiga variabel bebas yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian adalah variabel harga produk. Untuk uji kelayakan model yaitu uji Hosmer and Lemeshow, uji rasio Likelihood, dan uji Cox and Snell R-Square menunjukkan bahwa model regresi yang baik karena antara hasil pengamatan dengan kemungkinan hasil prediksi model. Kesimpulan dari penelitian ini adalah harga produk yang ditawarkan oleh UKM tersebut dapat dijangkau oleh konsumen, sehingga cenderung membuat konsumen melakukan pembelian. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah dapat menambahkan variabel bebas lainnya selain kualitas, harga, dan citra merek produk, yang tentunya dapat mempengaruhi variabel terikat keputusan pembelian konsumen agar lebih melengkapi penelitian ini yang bisa mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Kata kunci : Kualitas, Harga, Citra Merek Produk, Keputusan Pembelian, Analisis Regresi Logistik.

    Abstraction

    Problems encountered with regard to consumer purchasing decisions on products flip-flops "UKM Sandal Darmo" is the occurrence of fluctuations in sales within the past year. The purpose of this study to determine the effect of quality, price, and product brand image on product purchasing decisions flip-flops “UKM Sandal Darmo". The population in this study is a consumer product flip-flops "UKM Sandal Darmo". Samples were determined by accidental sampling technique by respondents as many as 100 people. The analysis technique used in this research is to test the instrument (validity and reliability) and logistic regression using SPSS for windows 16.0. Partial assay results for the study are known from three independent variables that significantly influence the purchase decision is a variable priced products. To test the feasibility of this model is Hosmer and Lemeshow test, likelihood ratio test, and Cox and Snell test R-Square indicates that the regression model is better because the results of observations with the possibility that the models project. The conclusion of this study is the price of the products offered by UKM are reachable by consumers, so it tends to make the consumer to make a purchase. Suggestions for further research are able to add more independent variables in addition to the quality, price, and product brand image, which can certainly influence consumer purchase decisions dependent variable in order to further complement this research could affect consumer purchasing decisions. Keywords: Quality, Price, Brand Image Product, Purchase Decision, Logistic Regression Analysis

Detail Jurnal