Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS SEGMENTASI PASAR USAHA KULINER PENYETAN NUSANTARA GRESIKPenulis : MAKHMUDDosen Pembimbing I : Sugeng Purwoko, S.T., M.TDosen Pembimbing II :Mu'alim, S.T., M.TAbstraksi
Segmentasi bertujuan untuk memberikan kepuasan pada Pelanggan dalam semua segmen segmen melalui pelayanan yang sebaik-baiknya sesuai dengan semua segmen yang ada. Melalui segmentasi pasar, diharapkan dapat mengelompokkan pasar yang besar dan heterogen ke dalam segmen- segmen yang kecil, sehingga dapat dijangkau oleh pemilik usaha secara efisien dan lebih efektif dengan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen pada segmen tersebut. Jenis penelitian ini adalah bersifat kuantitatif dan kualitatif, jenis penelitian tersebut untuk mengetahui besar segmentasi pasar dengan mengunakan cluster di warung pecel lele nusantara. Dalam tahapan pengumpulan data akan dilakukan dengan cara melalui proses pengumpulan data yang menggunakan metode kuesioner, yang digunakan untuk pengambilan data. Untuk menentukan jumlah sampel dari populasi yang diambil populasi sebesar 102.851, maka dengan tingkat kesalahan 5% dihasilkan perhitungan sampel sebanyak 143 dan dilakukan pengambilan data sebanyak 150 data. Dari semua variable diatas yaitu makanan yang paling disukai, makanan lain yang di beli, serta tingkat kepentingan rasa dapat di ketahui segmentasi Warung Penyetan Nusantara dilihat dari segmentsi demografis dapat di ketahui segmenya adalah konsumen dengan pendapatan menengah kebawah. Karena hasil dari semua variable adalah Rp.700.000 sampai Rp.3.000.000. Dan dapat dilihat dari hasil segmentasi pisikografis juga segmen pasar Warung Penyetan Nusantara juga menengah kebawah dengan mengetahuai pengeluaran belanja perhari sebesar Rp.10.000 sampai Rp.80.000.
AbstractionSegmentation aims to give satisfaction to customers in all segments of the segment through services that best suits all existing segments. Through market segmentation, is expected to be a large market and classifies heterogeneous into small segments, so that it can be reached by business owners efficiently and more effectively with products that suit the needs of the consumer in the segment. Type of this research is quantitative and qualitative in nature, this type of research is to find out the big market segmentation by using cluster in pecel lele Nusantara. In the stage of data collection will be done in a way through the process of collecting the data using the method of the questionnaire, which is used for data retrieval. To determine the number of samples taken from the population a population of 102,851, then with a 5% error rate calculation generated samples as much as 143 and done as many as 150 data retrieval of data. From all the above variable that is the most preferred foods, other foods are purchased, as well as the importance of a sense of segmentation in the know can Stall Penyetan Archipelago seen from segmentsi segmenya in the know can demographic are consumers with middle income down. Because the result of all the variable is Rp.700,000 up to Rp.3,000,000. and can be seen from the results of the segmentation pisikografis also Penyetan Nusantara Stalls market segment also medium down with mengetahuai spending spending per day amounting to Rp. 10.000 to Rp 80,000.