Detail Karya Ilmiah

  • Studi Daya Saing Usaha Kecil Menengah (UKM) Produk Konveksi Dengan Metode Analytic Network Process (ANP) di Desa Tri Tunggal Kabupaten Lamongan
    Penulis : Iqbal Dianta Romansa
    Dosen Pembimbing I : Trisita Novianti, S.Tp., M.T
    Dosen Pembimbing II :Issa Dyah Utami, S.T., M.T., Ph.D
    Abstraksi

    Desa Tri Tunggal merupakan sentra industri konveksi yang ada di Kabupaten Lamongan. Konveksi di Desa Tri Tunggal memproduksi kaos, jaket, kostum olah raga dan seragam sekolah, dll. Desa Tri Tunggal memiliki jumlah puluhan Usaha Kecil Menegah (UKM) konveksi dan mempekerjakan ratusan orang tenaga kerja. Karena jumlah yang sangat banyak tersebut, dan ditambah lagi dengan semakin banyak munculnya berbagai macam UKM yang membuat produk konveksi yang sejenis sehingga menyebabkan persaingan antar UKM konveksi akan menjadi semakin banyak dan akan semakin ketat. Dalam penelitian ini akan diberikan usulan mengenai daya saing produk konveksi agar dapat bersaing dengan konveksi lain yang berada dalam lingkup nasional. Metode yang digunakan adalah metode Face Validity untuk memilih kriteria yang berpengaruh terhadap peningkatan daya saing pada produk UKM konveksi Tri Tunggal. Selanjutnya akan dibobkan menggunakan metode Analytical Network Process (ANP). Didapatkan bobot tertinggi adalah pada atribut pengembangan industri konveksi yaitu dengan bobot sebesar 0,11665. Dari perhitungan matriks SWOT, didapatkan strategi yang tepat yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing pada produk UKM konveksi Tri Tunggal adalah strategi WO, karena posisi UKM konveksi Tri Tunggal berada pada kuadran III yaitu Turn Around.

    Abstraction

    Village of Tri Tunggal is the center of convection industry in Lamongan. Convection in the village of Tri Tunggal producing shirts, jackets, sports costumes and uniforms, etc. The village of Tri Tunggal has tens of Small and Medium Enterprises (SMEs) convection and employing hundreds of workers. Because of the very large number, and coupled with the emergence of a growing number of SMEs that make a wide range of products similar convection causing convection competition between SMEs will become more and more and will be more stringent. In this study will be given proposals regarding the competitiveness of garment products in order to compete with other convection that are national in scope. The method used is a method Face Validity to select criteria that affect the increased competitiveness of the SMEs products convection Tri Tunggal. Next will be charged using method Analytical Network Process (ANP). Obtained the highest weight is on the attributes of the industrial development of convection that is with a weight of 0.11665. From the SWOT matrix calculations, obtained the right strategy that can be used to improve the competitiveness of the SME product strategy convection Tri Tunggal is WO, because of the position of SMEs convection Tri Tunggal is in quadrant III, Turn Around.

Detail Jurnal