Detail Karya Ilmiah
-
STUDI POLA PERPINDAHAN MEREK DAN PANGSA PASAR PRODUK ALAT MUSIK REBANAPenulis : MOH. RIFA'IDosen Pembimbing I : TRISITA NOVIANTI, S.TP., M.TDosen Pembimbing II :ISSA DYAH UTAMI, S.T., M.T., Ph.DAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh menurunnya jumlah konsumen rebana di UD. Imam Bahri pada tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pola perpindahan merek rebana untuk posisi pangsa pasar UD. Imam Bahri. 2) Mengetahui prediksi pangsa pasar merek produk rebana Al-Banjari jenis terbang super dan strategi pemasaran diperiode berikutnya. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Gresik. Data primer dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner dengan respondennya adalah konsumen rebana jenis terbang super dari 4 rebana yang ada di Kota Gresik.Keempat merek tersebut adalah merek AMR Imam Bahri, Rebana Kuat Gresik, H.M Sanusi dan H.Hasanudin. Populasi berjumlah 215 dengan sampel sebesar 138 responden. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan prediksi pangsa pasar dengan analisis rantai markov dan memakai 3 strategi pemasaran, strategi yang pertama adalah UD. Imam Bahri tidak menurunkan maupun menaikkan harga. Strategi yang kedua adalah UD. Imam Bahri menurunkan harga sebesar Rp.25.000,00. Strategi yang ketiga adalah UD. Imam Bahri menaikkan harga sebesar Rp. 25.000,00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang terbaik untuk UD. Imam Bahri berdasarkan perhitungan rantai markov dan perhitungan nilai ekspektasi adalah dengan menggunakan strategi menurunkan harga sebesar Rp.25.000,00, karena apabila menggunakan strategi tersebut , apabila dilakukan perhitungan nilai ekspektasi berdasarkan hasil nilai probabilitas dari perhitungan rantai markov, didapatkan nilai ekspektasi terbesar pada kodisi steady state yaitu sebesar Rp. 19.863.841,00 untuk pemasaran di kota Gresik. Akan tetapi apabila UD. Imam Bahri jika menggunakan strategi lainnya dan mengharapkan profit bertambah, maka harus memiliki jumlah konsumen yang lebih banyak dan juga membuat inovasi baru. Kata kunci : Rantai markov, Pangsa pasar, Perpindahan merek, Rebana Al-Banjari
AbstractionABSTRACT This research was conducted as motivated by the declining number of consumers Rebana at UD. Imam Bahri in 2016. The purpose of this study were: 1) to determine the pattern of brand switching Rebana for market share position UD. Imam Bahri. 2) Knowing the brand's market share prediction of product Rebana Al-Banjari kind of super fly and marketing strategies the next period. This research was conducted in the city of Gresik. Primary data were collected by questionnaires with respondents are consumers Rebana type super fly from 4 Rebanas in the city Gresik. All the brand is the brand AMR Imam Bahri, Rebana Kuat Gresik, H.M Sanusi and H.Hasanudin. The population numbered 215 with a sample of 138 respondents. Data processing is done by using a prediction market share analysis of Markov chains and wear 3 marketing strategies, the first strategy is UD. Imam Bahri does not lower or raise prices. A second strategy is UD. Imam Bahri reduce prices by Rp.25.000,00. The third strategy is UD. Imam Bahri raise the price of Rp. 25,000.00. These results indicate that the best strategy for UD. Imam Bahri based on Markov chain calculation and calculation of expected values is to use the strategy of lowering prices by Rp.25.000,00, because when using this strategy, if the calculation of expected values based on the value of the probability of a Markov chain calculation, obtained the greatest expected value in steady Events state is Rp. 19,863,841.00 for marketing in the town of Gresik. But when UD. Imam Bahri if using other strategies and expects profits to grow, it needs to have more number of customers and also create new innovations. Keywords: Markov chain, Market share, Brand Switching, Rebana Al-Banjari,