Detail Karya Ilmiah

  • Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Program Studi Teknik Industri Universitas Trunojoyo Madura
    Penulis : Erdiana Eka Septia Dewi
    Dosen Pembimbing I : Dr. Kukuh Winarso, S.si.,M.T
    Dosen Pembimbing II :Agus Salim, S.T.,M.T
    Abstraksi

    ABSTRAK Pada penelitian ini menganalisa mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi ketidak kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan oleh Prodi Teknik Industri dengan dengan cara mereduksi 16 variabel yang telah diuji validitas dan reliabilitas menjadi 13 variabel diantaranya adalah Kebersiha dan kerapian ruang kuliah, Kebersihan dan kerapian ruang dosen, Kebersihan dan kerapian ruang asisten, Fasilitas toilet, Kebersihan dan kerapian labolatorium, Fasilitas penerangan ruangan, Fasilitas meja dan kursi, Fasilitas ac, Pelayanan admin, Pelayanan fakultas, Pelayanan ruang baca, Pelayanan asisten labolatorium,serta Ketersediaan buku bacaan kedalam 5 faktor baru hasil dari pengolahan data mengguanakan analisis faktor dengan penamaan sebagai berikut Faktor Gedung Kuliah, Faktor Labolatorium, Faktor Fakultas, Faktor PelayananUtama serta Faktor Pelayanan Labolatorium. Dari 5 faktor baru tersebut diolah kembali menggunakan metode analisis SWOT guna memberikan rekomendasi perbaikan pada prodi teknik industri dengan menggunakan analisis IFAS dan EFAS dan menghasilkan rumusan strategi perbaikan. Kata kunci: Kepuasan Mahasiswa, Analisis Factor, Analisis SWOT, Strategi Perbaikan

    Abstraction

    ABSTRACT In this study analyzes the factors that influence the lack of student satisfaction with the services provided by Prodi in Industrial Engineering with by reducing the 16 variables that have been tested for validity and reliability into 13 variables which are Kebersiha and tidiness of classrooms, Cleanliness and neatness faculty rooms, Cleanliness and tidiness of the room assistant, toilet facilities, cleanliness and tidiness, laboratories lighting facilities of the room, facilities tables and chairs, facilities ac, Services administration, Services faculty, Services reading room, service assistants, laboratories, as well as the availability of textbooks into 5 new factor results from use processing factor analysis with the following naming Lecture Building factor, factor laboratories, Faculty factor, factor factor PelayananUtama and laboratory services. The new factor of 5 reprocessed using SWOT analysis method to provide recommendations for improvements in industrial engineering study programs using IFAS and EFAS analysis and yield improvement strategy formulation Keywords: Student Satisfaction, Factor Analysis, SWOT Analysis, Improvement Strategies

Detail Jurnal