Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE PADA MASYARAKAT DI SURABAYAPenulis : Mohammad Teguh DarmawantoDosen Pembimbing I : Dr. Kukuh Winarso, S.Si.,M.T.Dosen Pembimbing II :Sabarudin Akhmad, S.T.,M.T.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian iPhone pada masyarakat di Surabaya. Dalam penelitian ini, karena jumlah populasi masyarakat di Surabaya yang menggunakan iPhone tidak diketahui secara pasti, maka sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah faktor budaya, faktor, sosial, faktor individu, faktor psikologis, harga, dan kualitas produk. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor. Berdasarkan hasil dari analisis faktor, terdapat enam faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian iPhone pada masyarakat di Surabaya yaitu faktor keindahan, faktor kemampuan layanan, faktor harga, faktor kelas sosial, faktor status sosial, dan faktor kualitas produk Kata kunci: Keputusan Pembelian, Budaya, Sosial, Individu, Psikologis, Harga, Kualitas Produk, Analisis Faktor, iPhone
AbstractionThis study aims to determine the factors that influence purchasing decisions on the iPhone community in Surabaya. This study, because of the number of population in Surabaya using iPhone is not known for certain, then the samples taken by 100 respondents using purposive sampling technique. Variables used in this research is the cultural, social, individual, psychological, price, and product quality. Data were collected by using a questionnaire. Processing data using descriptive analysis and factor analysis. Based on the results of the factor analysis, there are six factors that influence purchase decisions in the iPhone community in Surabaya, aesthetics factor, serviceability factor, price factor, factor of social class, social status factor, and factor of products quality. Keywords: Purchase Decision, Cultural, Social, Individual, Psychological, Price, Quality Products, Factor Analysis, iPhone