Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus: Bikru Zam-zam Swalayan)Penulis : Achmad KarimullahDosen Pembimbing I : Ernaning Widiaswanti, S.Si., MTDosen Pembimbing II :Agus Salim ST., MTAbstraksi
Kepuasan pelanggan merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan. Kepuasan pada diri pelanggan dapat tercapai jika konsumen merasa semua kebutuhannya dapat terpenuhi termasuk diantaranya mendapatkan harga yang terjangkau dengan pelayanan yang baik sesuai dengan apa yang diinginkan. Penelitian ini akan membahas pengaruh harga serta pelayanan terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja, dengan Bikru Zam-zam Swalayan sebagai obyek penelitian. Variabel independen dalam penelitian ini adalah harga sebagai X1 dan pelayanan sebagai X2 sedangkan sebagai variabel dependen (Y) merupakan kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil peenelitian didapatkan persamaan regresi logistik: Ln = -29.954 + 1.901 X1 + 6.528 X2. Dari persamaan tersebut dapat dijelaskan bahwa X1 berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai pengaruh sebesar 1.901, akan tetapi yang berpengaruh paling signifikan adalah X2 dengan nilai pengaruh sebesar 6.528 terhadap kepuasan konsumen. Kata Kunci : Harga, Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Regresi Logistik
AbstractionSatisfaction of customer is one of purpose that want to reach by each of company. Customer’s satisfaction can be reached if they feel all of their needed is complete. Include among that get a lower price and good service that their want. This research will explain effect of price and service to customer’s satisfaction in shop,with Bikru Zam-zam Market to be an reaserch object. The independent variable of this reaserch is price (X1) and service (X2) whereas dependent variable is customer’s satisfaction base on rwsult of the reaserch got similarity of logistic regression: Ln = -29.954 + 1.901 X1 + 6.528 X2. From this similarity can explained that X1 influential significant to customer’s satisfaction, with score effect for about 1.901, but the most significant influential is X2 with score effect for about 6.528 to customer’s satisfaction. Key Word : Price, Service, Customer’s Satisfaction, Logistic Regression.