Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN TEMPO, WAKTU TREATMENT, DAN VOLUME MUROTTAL TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS : SISWA SMP CAHAYA SURABAYA)
    Penulis : LAKSMI DINI PRATIWI AZHARI
    Dosen Pembimbing I : FITRI AGUSTINA, S.T., M.T.
    Dosen Pembimbing II :NACHNUL ANSHORI, S.T., M.T.
    Abstraksi

    Belajar merupakan usaha yang dilakukan oleh individu untuk melakukan perubahan tingkah laku berdasarkan latihan serta pengalaman yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Proses belajar dapat terjadi kapanpun, dimanapun dan kepada siapa saja namun tidak selamanya proses tersebut dapat berjalan dengan wajar dan lancar terutama apabila dilakukan para remaja. Remaja pada periode strom and stress dimana seorang remaja mengalami perubahan dari suatu tahap pendewasaan menuju tahap pendewasaan selanjutnya termasuk didalamnya terjadi perubahan emosi, perubahan fisik, perubahan minat, perubahan pola perilaku dan mulai memiliki banyak masalah. Hal ini dapat berpengaruh pada tingkat konsentrasi belajar para siswa. Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa pemberian musik murottal dapat meningkatkan konsentrasi belajar. Penelitian ini akan mengetahui pengaruh pemberian tempo, waktu pemutaran dan volume murottal terhadap konsentrasi siswa menggunakan strooptest. Pada penelitian ini faktor tempo yang digunakan adalah tempo cepat dan lambat. Faktor waktu pemutaran musik murottal dilakukan sebelum dan saat tes sedang berlangsung, dan faktor volume murottal menggunakan ukuran 45 dB dan 55 dB. Hasilnya didapatkan bahwa faktor tempo murottal tidak berpengaruh terhadap respon lama waktu menjawab, namun berpengaruh terhadap respon jumlah jawaban salah. Faktor waktu pemberian treatment berpengaruh terhadap respon lama waktu menjawab dan jumlah jawaban salah. Faktor volume murottal berpengaruh terhadap lama waktu menjawab dan jumlah jawaban salah. Kata kunci : belajar, kognitif, konsentrasi, murottal, stroop test.

    Abstraction

    Learning is an effort by individuals to change behavior based on the training and experience concerning aspects of cognitive, affective and psychomotor to achieve the desired objectives. The learning process can happen anytime, anywhere and to anyone, but it not always be run appropriately especially when teenagers are doing. Adolescents in the storm and stress period was changed from a stage of maturity to the next stage of maturity which includes a change in emotional, physical changes, changing interests, changes in behavior patterns and begin to have a lot of problems. It can influence the level of concentration of students' learning. There is research that murottal can improve concentration learning. This research will determine effect of tempo, treatment time and volume murottal to concentration of students using strooptest. This research tempo factor using fast tempo and slow tempo. Treatment time factor carried out before and during the test is in progress, and the volume factor murottal using 45 dB and 55 dB. The result shows that the tempo factor does not affect the length of time to answer, but the effect on the response to the number of wrong answers. Factors treatment time affect the length of time to answer and the number of wrong answers. Volume factors affect the length of time to answer and the number of wrong answers. Keywords : learning, cognitive, concentration, murottal, Stroop test.

Detail Jurnal