Detail Karya Ilmiah
-
PENINGKATAN KINERJA UKM SONGKOK DAERAH GRESIK DENGAN PENDEKATAN THE HOUSE MODELPenulis : INDAH NURMALIADosen Pembimbing I : FITRI AGUSTINA ST MTDosen Pembimbing II :ARI BASUKI ST MTAbstraksi
Kinerja UKM songkok dianggap masih rendah, sehingga perlu rancangan sebuah model baru yang dapat meningkatkan kinerja UKM songkok, oleh karena itu analisis data yang digunakan adalah analisis diagram ishikawa, Importance Performance Analysis (IPA), dengan pendekatan The House Model, dan Force Field Analysis (FFA). Hasil dari penelitian ini : (1) Dari IPA diperoleh rata-rata skor tingkat kepentingan lebih besar dari skor rata-rata tingkat kinerja. UKM songkok belum dapat menampilkan kinerjanya secara maksimal dan memuaskan. (2) The house model memiliki visi menjadi UKM songkok yang produktif dan berdaya saing memasuki pasar global dalam 5 tahun, dengan 4 pilar yaitu perbaikan keuangan, pengembangan SDM, peningkatan kualitas produksi dan perluasan jangkauan pemasaran dengan pondasi memperbaiki dan meningkatkan semua atribut yang mengalami kekurangan. (3) Terdapat 6 faktor pendukung dan 14 faktor penghambat pada analisis FFA. (4) Dengan solusi alternative memaksimalkan perbaikan perbaikan keuangan, mengembangkan SDM, meningkatkan kualias produksi dan memperluas jangkauan pemasaran untuk memasuki pasar global Kata kunci : Kinerja, importance performance analysis, The house Model, Usaha Kecil Menengah (UKM)
AbstractionSME performance skull is still considered low, so it takes a draft of new models that could improve the performance of SMEs skull cap, therefore the analysis of data that can be used is the analysis diagram ishikawa, Importance Performance Analysis (IPA), with the approach of the House Model and Force Field Analysis (FFA). The results obtained from this study: (1) From IPA obtained an average score of importance is greater than the average score level of performance. SMEs skull cap has not been able to show its performance to the maximum and satisfying. (2) The house model has a vision to become the SME skull cap productive and competitive the global market within 5 years, with four pillars: financial improvement, human resource development, improvement of production quality and expanding the marketing reach with a foundation repair and improve all attributes shortage. (3) There are 6 factors supporting and inhibiting factors in the analysis 14 FFA. (4) With alternative solutions to maximize the improvement of financial improvement, develop human resources, improve production quality and expand your marketing reach to the global market Keywords: Performance, Importance Performance Analysis, The House Model, Small and Medium Enterprises (SMEs)