Detail Karya Ilmiah

  • Strategi Pengembangan Usaha pada Usaha Kecil Menengah Teri Crispy di Desa Padelegan Pamekasan
    Penulis : Rattania Fitriana
    Dosen Pembimbing I : Issa Dyah Utami, S.T., M.T., Ph.D.,
    Dosen Pembimbing II :Trisita Novianti, S.TP., M.T.,
    Abstraksi

    Penelitian mengenai perencanaan strategi pengembangan usaha ini bertujuan untuk menentukan strategi pengembangan yang tepat bagi UKM tersebut. Tahapan dalam penelitian ini yaitu identifikasi faktor-faktor Internal dan eksternal, identifikasi matriks IFE dan EFE beserta pemberian rangking dan bobot, analisis matriks SWOT. Dari hasil analisis matriks SWOT diketahui bahwa strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan usaha teri crispy saat ini yaitu strategi WO (Kelemahan-Peluang). Adapun strategi WO meliputi Meningkatkan promosi produk dengan memanfaatkan adanya perkembangan teknologi yang ada, Meningkatkan inovasi terhadap produk ataupun kemasan produk dan meningkatkan inovasi dengan memanfaatkan adanya kerjasama dan bantuan dari pemerintah. Kata kunci : Strategi pengembangan usaha, IFE, EFE, SWOT

    Abstraction

    Research on business development strategy program aims to determine proper development strategy for the UKM. The steps in this research such as identifying internal and eksternal factors, identifying matrix IFE and EFE with presenting the rank and weight, and SWOT matrix analysis. From the results of the SWOT matrix analysis is known that the strategy can be used in the business development of crispy anchovies is WO strategy (weakness-chance). The strategy of WO reports on enhance promotion product by utilizing technology developments, improve the innovation on product or product packaging and increase the innovation by utilizing the cooperation and assistance from the government. Keyword: Business development strategy, IFE, EFE, SWOT

Detail Jurnal