Detail Karya Ilmiah
-
Penerapan Metode Fuzzy Item Response Theory Pada E-Learning Computerized Adaptive Test (CAT)Penulis : DIAH KUSUMAWATIDosen Pembimbing I : Andharini Dwi Cahyani S.Kom, M.KomDosen Pembimbing II :Muhammad Fuad S.Kom.,M.T.Abstraksi
Saat ini e-Learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-Learning di lembaga pendidikan maupun industri. E-Learning merupakan suatu jenis sistem pembelajaran yang memungkinkan sampainya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, atau media jaringan komputer lain. Tes adaptif merupakan sistem ujian otomatis yang dilakukan secara adaptif, menyesuaikan tingkat kesulitan soal dengan kemampuan masing-masing peserta ujian. Soal yang diberikan tergantung dari jawaban soal sebelumnya: benar atau salah. Dan hasilnya adalah level atau tingkat kemampuan peserta ujian. Salah satu metode yang digunakan dalam tes adaptif yaitu model Fuzzy Item Response Theory (FIRT) yang diimplementasikan dalam pembuatan aplikasi tes adaptif untuk lingkungan pendidikan. Berdasarkan hasil eksperimen, dapat disimpulkan bahwa Adaptive Test yang dikembangkan dengan menerapkan Fuzzy Item Response Theory mampu menempatkan siswa pada tingkat kemampuan yang sesuai dengan kemampuannya, nilai siswa lebih meningkat dengan menggunakan Adaptive Test dibandingkan dengan Konvensional Test hal tersebut dibuktikan dengan uji coba yang telah dilakukan dengan melihat hasil dari rata-rata nilai tiap siswa. Nilai siswa yang menggunakan Adaptive Test hasilnya lebih meningkat dibandingkan dengan nilai siswa yang menggunakan Konvensional Test. Dari rata-rata nilai siswa yang menggunakan Adaptive Test yakni 80, sedangkan rata-rata nilai siswa yang menggunakan Konvensional Test yakni 60.882353.
AbstractionNowadays e-learning has been widely accepted by the world community, as evidenced by the widespread implementation of e-learning in educational institutions and industry. E-Learning is a type of learning system that allows the arrival of teaching materials to students using the internet, computer networks or other media. Adaptive test is an automatic test system is done adaptively, adjusting the level of difficulty about the ability of each examinee. Given problem depends on the answer to the previous question: true or false. And the result is a level or degree of ability of examinees. One of the methods used in testing the model adaptive Fuzzy Item Response Theory (FIRT) which is implemented in the manufacture of adaptive test applications for educational environments. Based on the experimental results, it can be concluded that the Adaptive Test developed by applying Fuzzy Item Response Theory is able to place students at the appropriate level with the ability, more student increased value by using Adaptive Test compared to Conventional Test it is evidenced by trials that have been conducted with see the results of the average value of each student. Value of students who use Adaptive Test results are improved compared with the value of students who use the Conventional Test. Of the average value of students who use the Adaptive Test 80, while the average value of students who use the Conventional Test 60.882353.