Detail Karya Ilmiah

  • Rancang Bangun Sistem Informasi Bimbingan Konseling dan Pelanggaran Siswa
    Penulis : Heru Rohmadi
    Dosen Pembimbing I : Sigit Susanto Putro, S.Kom., M.Kom.
    Dosen Pembimbing II :Rika Yunitarini, S.T., M.T.
    Abstraksi

    Bimbingan konseling berperan besar dalam proses pembentukan kepribadian dan mengasah kemampuan siswa di bidang akademik. Peran bimbingan konseling di sekolah bisa lebih maksimal apabila didukung dengan sistem pelayanan bimbingan konseling yang baik. Permasalahan yang masih umum ada adalah kurang lengkapnya ketersediaan data konseli yang dibutuhkan konselor dalam kegiatan pelayanan bimbingan konseling. Permasalahan tersebut dapat diminimalisir dengan adanya sebuah sistem yang bisa menampung dan menyediakan data kembali secara lengkap. Sehingga, dengan adanya sistem informasi bimbingan konseling dan pelanggaran siswa, diharapkan bisa memperbaiki kinerja sistem lama menjadi sistem yang terkomputasi, sekaligus meminimalisir kehilangan dan kerancuan data, serta dapat meningkatkan pelayanan bimbingan konseling di sekolah. Berdasarkan hasil uji coba fungsionalitas dan objektifitas sistem, secara keseluruhan dinilai bisa berjalan baik dengan nilai 7,90. Kata kunci: Sistem Informasi, Bimbingan Konseling.

    Abstraction

    Counseling plays a major role in the formation of personality and hone the skills of students in the academic field. The role of guidance and counseling in schools could get more leverage when supported with counseling service system is good. Common problems that still exist are based on incomplete data availability required counselee counselor in the counseling service activities. Those problems can be minimized with a system that could accommodate and provide data back in full. Thus, with the information system and violations of student counseling, is expected to improve the performance of the old system into a system that is computed, as well as minimize the data loss and confusion, and to improve counseling services in schools. Based on the results of testing the functionality and objectivity of the system, the overall assessed can work well with value of 7.90. Keywords: Information Systems, Counseling.

Detail Jurnal