Detail Karya Ilmiah

  • COMPUTERIZED ADAPTIVE TEST SEBAGAI EVALUASI BELAJAR SISWA
    Penulis : Zuliati Khusnah
    Dosen Pembimbing I : Moch Kautsar sophan
    Dosen Pembimbing II :Eza Rahmanita
    Abstraksi

    Computerized Adaptive Test (CAT) merupakan bentuk pemanfaatan komputer untuk menyelenggarakan tes adaptif dimana soal-soal yang diberikan kepada siswa telah dipilih dari bank soal yang ada. Dalam tes adaptif, siswa yang mempunyai kemampuan tinggi akan diberikan soal-soal yang sulit. Sedangkan siswa yang mempunyai kemampuan rendah akan diberikan soal-soal yang mudah. Sehingga siswa yang pintar akan lebih tertantang, dan siswa yang kurang pintar tidak akan tertekan. Tes adatif dimulai dari soal dengan tingkat kesulitan sedang. jika siswa bisa menjawab dengan benar, maka tingkat kesulitan soal akan dinaikkan ke tingkat sulit. sebaliknya jika siswa menjawab soal dengan salah, maka tingkat kesulitan siswa akan diturunkan ke tingkat kesulitan mudah. Tes adaptif ini dapat dikatakan efektif untuk mengetahuai kemampuan siswa. hal ini terbukti dengan uji coba siswa dan hasil kuisioner yang menunjukkan penilaian rata-rata sebesar 4,1 dari nilai range antara 1 samai 5 dan masuk dalam kategori efektif Kata Kunci : Computerized Adaptive Test (CAT).

    Abstraction

    Computerized Adaptive Test (CAT) is a form of computer utilization for conducting adaptive tests where the questions given to students have been selected from the existing question bank. In an adaptive test, students who have high ability will be given difficult problems. While students who have low ability will be given easy questions. So that smart students will be more challenged, and students who are less smart will not be depressed. Adative test begin with problems with moderate difficulty. if the student can answer correctly, then the difficulty level will be raised to a difficult level. conversely if the student answers the problem wrongly, then the student's difficulty level will be lowered to the difficulty level easily. This adaptive test can be said to be effective to know students' abilities. this is evidenced by student trials and questionnaire results that show an average rating of 4.1 from the range between 1 to 5 and included in the effective category Keywords: Computerized Adaptive Test (CAT).

Detail Jurnal