Detail Karya Ilmiah

  • RANCANG BANGUN APLIKASI ANDROID MEDIA PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB BERGAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN ADDIE
    Penulis : Ramlah Basyir
    Dosen Pembimbing I : Moch Kautsar Sophan S.Kom., M.MT.,
    Dosen Pembimbing II :Rika Yunitarini, S.T., M.T.
    Abstraksi

    Media pembelajaran interaktif, salah satunya yaitu pembelajaran kosa kata bahasa arab. Mengingat seberapa penting bahasa arab untuk seorang muslim sebagai proses awal untuk memahami Al-Qur’an. Sementara siswa terkadang kurang berminat dengan pembelajaran di kelas yang membuat mereka merasa bosan. Disamping itu, smartphone saat ini sudah sangat populer disetiap lapisan masyarakat, begitupun juga anak-anak. Oleh karena itu, agar smartphone dikalangan anak-anak bisa menjadi media yang tepat guna, dirancanglah sebuah aplikasi android media pembelajaran interaktif kosa kata bahasa arab. Model pendekatan yang dilakukan pada proses pembuatan media adalah ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation) yaitu model desain sistem media pembelajaran dengan memperlihatkan tahapan-tahapan dasar media pembelajaran sederhana dan mudah dipelajari. Tampilan aplikasi kosa kata ini dapat tampil sempurna pada perangkat android dengan resolusi 480 x 800 pixels. Berdasarkan Evaluasi yang dilakukan dari sisi siswa yang berupa pertanyaan seputar materi pada aplikasi sebelum siswa menggunakan aplikasi dan setelah menggunakannya, siswa mampu meningkatkan hafalan kosa kata bahasa arab. Sedangkan hasil dari kuisioner yang telah diisi oleh edukator hampir keseluruhan menyatakan bahwa aplikasi ini layak digunakan seterusnya untuk membantu siswa menghafal kosa kata bahasa Arab. Dari responden tim edukator, 78% menyatakan sangat layak, sedangkan 22% menyatakan layak.

    Abstraction

    One of interactive media learning is about the Arabic vocabulary. Given how important Arabic for a Moslem as the initial process to understand the Qur'an. Sometimes, students are less interested in studying in the classroom that saturate students. In addition, the smartphone is now very popular in every layer of society, as well as also children. Therefore, in order to smartphones among children can be a appropriate media, designed an interactive Arabic vocabulary learning application. Approach model that is taken in the production of media is ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. ADDIE is a model of instructional media system by showing the basic stages of learning media that are simple and easy to learn. The user interface of this vocabulary application can look perfect on an android device with a resolution of 480 x 800 pixels. Based on the evaluation that conducted on the side of the students in the form of questions about the material in the application before the students using the application and after using it, the students were able to improve the memorization of Arabic vocabulary. while the results of questionnaires completed by educators almost all of educators said that this application fit for use next to help students to memorize Arabic vocabulary. Educator team of respondents, 78% declared very feasible, while 22% declared feasible.

Detail Jurnal