Detail Karya Ilmiah

  • RANCANG BANGUN AUGMENTED REALITY UNTUK E-COMMERCE BERBASIS ANDROID (ARCOMMERCE)
    Penulis : R. Dwi Ade Iswahyudi
    Dosen Pembimbing I : Ari Kusumaningsih, S.T., M.T
    Dosen Pembimbing II :Arik Kurniawati, S.Kom., M.T
    Abstraksi

    Hampir di setiap bangunan pasti memiliki furnitur. Kursi,meja, maupun sofa adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh pengguna furnitur sebagai salah satu perabotan rumah tangga. Internet merupakan kecanggihan teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu media penyampaian dalam memberikan informasi kepada pelanggan secara aktual dan akurat. Pelanggan bisa bertemu tanpa adanya tatap muka, tidak terbatas, tidak terikat adanya suatu batas wilayah, serta mendukung adanya jual beli secara online melalui e-commerce. Akan tetapi masih banyak konsumen yang membeli produk furnitur secara manual dengan cara mendatangi toko furnitur tersebut, hal ini dirasa masih kurang efisien dan kurang efektif. Seiring berkembangnya internet dan sitem operasi android maka dewasa ini masyarakat banyak yang membuat aplikasi tentang furnitur dengan menggabungkan teknologi canggih, salah satunya adalah Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat efektif dan efisiensi pada aplikasi dan website, serta dapat mengukur tingkat kepuasan user experience pada penggunaan aplikasi. Hasil dari perhitungan kuisioner didapat bahwa 85% aplikasi FurnitAR dan E-Commerce ini dapat membantu user menjadi lebih efektif dan efisien dalam pembelian produk furnitur. Pengukuran user experience tercapai dengan cara user mengisi form usability test serta mencoba aplikasi secara langsung. Hasil yang didapat bahwa 77% pengguna puas dengan adanya aplikasi FurnitAR dan E-Commerce ini. Kata Kunci : Furniture, E-Commerce, Augmented Reality, 3D.

    Abstraction

    Almost every building must have furniture. Chairs, tables, and sofas are needs that must be met by the furniture as one household. Internet is an advanced technology that can be used as a medium to provide a tool in providing information to customers in real-time and accurate. Customers can meet without any face to face, not limited, not bound by the border regions, and to support their purchase online through e-commerce. But there are still many consumers who buy furniture products manually by visiting furniture stores, it still feels less efficient and less effective. As the development of internet and android operating system which is currently a lot of people who create applications on furniture by combining advanced technology, one of which is the Augmented Reality. This study aims to measure the effective and efficient application and website, and can measure the level of satisfaction of the user experience on the use of the application. The result of the calculation of the questionnaire found that 85% of applications FurmitAR and E-Commerce can help users become more effective and efficient in the purchase of furniture products. Measurement of the user experience is achieved by filling out the form and usability tests and try to direct application. The result is 77% of users are satisfied with this application and E-Commerce. Keywords: Furniture, ECommerce, Augmented Reality, 3D.

Detail Jurnal