Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA PEMBUATAN APLIKASI 3D MENU BOOK UNTUK ICHI SUSHI RESTAURANTPenulis : Fathur RahmanDosen Pembimbing I : Ari Kusumaningsih, S.T., M.T.Dosen Pembimbing II :Arik Kurniawati, S.Kom., M.T.Abstraksi
Dalam pelayanan restoran banyak ragam cara pelanggan dapat melakukan pemesanan makanan dan minuman. Cara yang paling umum adalah pelanggan memanggil pelayan untuk melakukan pemesanan lalu mengantri di kasir. Yang menjadi masalah yaitu ketika pelanggan dalam jumlah besar saat jam makan menggantri dalam waktu lama hanya untuk melakukan pemesanan, maka harus ada cara lain yang lebih cepat menangani pesanan pelanngan dengan lebih mudah dan interaktif sehingga tak membosankan. Dengan aplikasi 3D menu book pemesanan berbasis augmented reality yang dibuat dengan menggunakan Unity sebagai komponen utama, Vuforia sebagai Augmented Reality Software Development Kit (SDK) dan dengan Blender sebagai software untuk menhasilkan obyek 3D. Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality yang terintegrasi dengan sistem pemesanan yang terhubung dengan kasir, pelanggan mendapatkan pelayanan secara maksimal diantaranya, makanan dan minuman ditampilkan ke pelanggan secara langsung dalam bentuk obyek 3D yang menarik, informasi bahan-bahan dan nilai gizi setiap menu, pemesanan dan pembatalan realtime, pengajuan permintaan tambahan yang lebih mudah dengan fitur chat serta kemudahan pembayaran tanpa perlu mendatangi kasir atau memanggil pelayan hanya dengan fitur proses tagihan. Fitur-fitur diatas diharapkan memberi pengaruh peningkatan kualitas pelayanan dari sisi kecepatan, kemudahan dan lebih bersifat interaktif dengan pelanggan. Hasil dari aplikasi ini adalah terwujudnya cara pemesanan makanan dan minuman di restoran Ichi Sushi yang lebih cepat, mudah dan interaktif bagi para pelanggan. Berdasarkan hasil pengujian kecepatan dan pengalaman pengguna didapatkan penggunaan aplikasi lebih cepat dibanding pemesanan konvensional dengan selisih waktu 58,89 detik, dan mendapat skor 661 poin dari 840 poin pada pengujian user experience yang berarti mendapat tanggapan positif dari para pelanggan. Kata Kunci : 3D Menu book, Augmented Reality, Unity, Android , Restoran.
AbstractionIn the restaurant service many varieties of ways customers can order food and drinks. The most common way is the customer calls the waiter to place an order and then queue up at the checkout. What matters is that when a large number of subscribers at feeding time in a long time just to place an order, then there must be another way faster to handle orders pelanngan with more easy and interactive so not boring. With the 3D application menu book ordering based on augmented reality created by using Unity as the main component, Vuforia as Augmented Reality Software Development Kit (SDK) and with Blender as a software to produce 3D objects. By leveraging integrated augmented reality technology with a cashier-linked ordering system, customers get maximum service, among them, food and beverage displayed to customers directly in the form of exciting 3D objects, material information and nutritional value of each menu, ordering and cancellation realtime, more convenient supplemental requests with chat features as well as ease of payment without the need to go to the cashier or call the waitresses only with billing process features. The above features are expected to give the effect of improving the quality of service in terms of speed, convenience and more interactive with customers. The results of this application is the realization of how to order food and beverage at Ichi Sushi restaurant that is faster, easier and interactive for the customers. Based on the results of the test speed and user experience obtained the use of applications faster than the conventional booking with a time difference of 58.89 seconds, and got a score of 661 points from 840 points on testing user experience which means getting positive feedback from customers. Keywords: 3D Menu book, Augmented Reality, Unity, Android, Restaurant.