Detail Karya Ilmiah
-
Membangun Aplikasi Pembelajaran Matematika Dasar Bangun Datar Menggunakan Bahasa Pemrograman Python pada Perangkat Bergerak.Penulis : Siti Alifatul QutsiahDosen Pembimbing I : Moch. Kautsar Sophan, S.Kom, M.MTDosen Pembimbing II :Yonathan Ferry Hendrawan, S.T, M.ITAbstraksi
ABSTRAK E-learning merupakan sistem baru yang sudah berkembang dengan baik hingga saat ini. Sudah banyak pembelajaran yang telah didukung oleh e-learning. Dengan e-learning proses belajar tidak hanya di sekolah, namun sudah bisa dilakukan menggunakan Mobile dengan dukungan e-learning. Pembuatan mobile learning ini menggunakan bahasa pemrograman Python, dikarenakan singkat dan fleksibelnya dalam pembuatan aplikasi apapun. Selain itu Python juga mempunyai tipe data dan operasi tingkat tinggi yaitu kecepatan pembuatan sistem aplikasi menggunakan tipe objek yang telah ada. Hasil penelitian ini adalah: (1) dalam membangun aplikasi pembelajaran matematika dasar bangun datar untuk sekolah dasar melalui 4 tahap utama yaitu: pengumpulan informasi, perencanaan, pembuatan, dan uji coba (2) kualitas pembelajaran bangun datar yang dibangun ditinjau dari aspek tampilan, isi, pembelajaran, dan teknologi adalah baik. Dengan menggunakan rentang skor 1 sampai 5, aspek tampilan menunjukkan rata-rata 2,4, aspek isi 3,8, aspek pembelajaran 3, dan pada aspek teknologi 2. (3) penggunaan pembelajaran bangun datar berdampak baik terhadap ketuntasan belajar siswa: pada uji coba kelompok besar dari 50 siswa, terdapat 35 siswa (70%) yang tuntas belajar dalam pembelajaran bangun datar. Kata Kunci: mobile-learning, Android, Python, e-learning.
AbstractionABSTRACT E-learning is a new system that has been good developed until today. Already much of the learning that has been supported by e-learning. With e-learning and learning process not only in school, but it can be done using Mobile with support for e-learning. Making mobile learning using the Python programming language, because of the short and rigidities in making any application. In addition Python also has a data type and operation of a high level of speed application system making use of object types that already exist. The results of this study are: (1) in building basic math learning two-dimentional for primary school through four main stages, namely: information gathering, planning, manufacture, and testing (2) the quality of learning two-dimentional from the aspect of the look, content , learning and technology is good. By using the scores range from 1 to 5, aspects of the display shows an average of 2.4, 3.8 content aspect, the aspect of learning 3, and on the technological aspects 2. (3) the use of two-dimentional learning good impact on mastery learning students: the test try a large group of 50 students, there are 35 students (70%) were thoroughly studied in the learning two-dimentional . Keywords: mobile-learning, Android, Python, e-learning.