Detail Karya Ilmiah
-
APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DASAR INTERAKTIF ANTARA ORANG TUA DAN ANAK BERBASIS MOBILE ANDROIDPenulis : Maulana Mukhammad RizqiiDosen Pembimbing I : Cucun Very Angkoso, ST., MT.Dosen Pembimbing II :Rika Yunitarini, ST., MT.Abstraksi
Di era digital ini sudah banyak teknologi yang bisa digunakan dalam menunjang pembelajaran. Perkembangan pembelajaran di Indonesia khususnya matematika, yang merupakan dasar dari semua ilmu pengetahuan masih sangat rendah. Sedangkan untuk meningkatkannya perlu dibutuhkan suatu media penunjang untuk mendampingi pembelajaran yang sudah ada. Maka dibutuhkan penelitian baru dengan cara merancang sebuah aplikasi media pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut. Salah satu caranya dengan menambahkan game matematika sederhana di dalamnya, sehingga tanpa sadar anak-anak akan mempelajari matematika dengan model yang kreatif, aktif, serta menyenangkan. Selain itu peran orang tua juga dibutuhkan agar proses belajar lebih maksimal. Dirancang menggunakan pendekatan pada sistem mobile android yang mudah dijangkau oleh semua elemen masyarakat sehingga lebih efektif pada proses implementasinya. Dari data hasil uji coba, aplikasi penelitian ini dapat berjalan baik pada device android dengan OS gingerbread (2.3) ke atas, serta dengan random access memory minimal 256 MB. Pengujian menggunakan kuisioner menunjukkan 100% responden yang telah terbiasa menggunakan android menjelaskan aplikasi ini dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi matematika anak, sedangkan yang tidak terbiasa menggunakan android 66,66% saja yang setuju dengan pendapat tersebut. Hasil kuisioner menunjukkan bahwa aplikasi ini lebih efektif digunakan pada pengguna yang sudah terbiasa menggunakan device android. Kata kunci : e-learning, matematika interaktif, e-learning android.
AbstractionIn this digital era, there are already many kinds of technology that usefull to support the study. Learning development in Indonesia is especially for mathemathic, which is the basic of all science still low. Where to improve it needs a supporting media to support the previous lesson. Then it needs a new research by designing an application for instructional media that be able to solve the problem. One of the manner is by add the simple mathemathic game inside of it, so kids will be learned mathemathic unwittingly with creative, active and delightful design. In addition, the role of parents is also needed for learning process more laverage. Desaigned using by approach on mobile android system which is easily accessible by all societies, making it more effective in the implementation process. From data of the test results, the application of this research can run well on device android with OS gingerbread (2.3) and above, and with random access memory at least 256 MB. The test using questionnaiers that showed 100 % of respondents who have been accustomed use android, they explained that this application can help kids to improve the literacy skills, and who unaccustomed use android are only 66,66% that agreed with this opinion. The questionnaiers results showed this application more effective to use by the users who have been accustomed use device android. Keywords: e-learning, Mathemathic interactive, e-learning android.