Detail Karya Ilmiah
-
PEMBUATAN GAME EDUKASI MENGGUNAKAN SENSOR LEAP MOTION CONTROLLER SEBAGAI MEDIA PENGENALAN LAGU ANAK-ANAKPenulis : ILHAM ISKANDARIANSYAHDosen Pembimbing I : EZA RAHMANITA,S.T.,M.T.Dosen Pembimbing II :MOCH. KAUTSAR SOPHAN, S.Kom.,M.MT.Abstraksi
Perkembangan musik di Indonesia semakin pesat namun tidak pada kualitas musik, terlebih lagu anak-anak yang semakin menghilang. Semakin banyak anak-anak yang mendengarkan lagu dewasa yang tidak patut di dengarkan di usianya. Akibatnya, psikologi dan perilaku sosial anak-anak tidak sesuai dengan usianya. Dalam hal ini teknologi dapat turut berperan mengenalkan kembali lagu anak-anak dengan lebih menyenangkan, interaktif, dan modern salah satunya dengan multimedia pembelajaran interaktif berupa game edukasi. Penelitian ini membangun game edukasi sebagai media pengenalan lagu anak-anak menggunakan Leap Motion Controller dan Unity3D. Leap motion controller adalah alat sensor perangkat keras komputer yang mendukung gerakan tangan dan jari sebagai masukan.Unity3D merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multiplatform yang didesain untuk mudah digunakan. Pada game edukasi ini Leap Motion Controller digunakan sebagai pengganti keyboard. User menggerakkan jari seakan-akan menekan keyboard virtual. Hasil kusioner dari pembuatan game edukasi ini didapatkan tingkat kepuasan yang positif pada user usia 8 sampai 9 tahun yaitu sebesar 85,9%. Untuk tingkat kemanfaatan aplikasi game edukasi sebagai media pengenalan lagu anak-anak didapatkan dengan menggunakan indikator importance pada kusioner, dan didapat hasil terbaik untuk user usia 12 tahun. Sedangkan uji performa Leap Motion Controller terhadap aplikasi didapatkan hasil jarak jangkau deteksi tangan user yang ideal yaitu 25cm dengan sudut 90 derajat dengan kondisi pencahayaan yang gelap maupun terang. Kata Kunci :. Leap Motion Controller, Musik, Multimedia Interaktif, Game, Edukasi, Unity3D.
AbstractionIn Indonesia, Music had its rapid development but it cannot maintain its quality, especially on child song that is gradually disappearing from the music industries. Many children hear a song that was intended for the adult person and suppose to be not heard by the children. For that cause, the psychology and social behavior of children are not properly be done by a person of their age. In this case, technology could be used for introducing back child song in more fun, interactive, and modern method by using interactive educational multimedia that is an educational game. This study builds an educational game as the media to introduce child song using Leap Motion Control and Unity3D. Leap Motion Control is a sensory computer hardware that supports hand and finger gesture as the input. Unity3D is a program that is used to develop a multiplatform game that is designed to be more friendly. In this educational game, Leap Motion Control is used to replace the keyboard. The user is moving his finger as if he is going to press virtual keyboard. The result of the questionnaires from the development of this educational game showing positive numbers on the user satisfaction on the user at 8 to 9 years old at 85.9%. Level of program functionality of this educational game as the media to introduce child song using importance Indicator of questionnaires is showing the best outcome for the user at 12 years old. As for the performance test of Leap Motion Control for the program showing the ideal detection range for the user is 25cm with 90° angle on whether high or low definitive lighting Keywords :Leap Motion Controller, Music, Multimedia Interactive, Game, Education, Unity3D.