Detail Karya Ilmiah

  • SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS CSCL (COMPUTER-SUPPORTED COLLABORATIVE LEARNING)
    Penulis : Astu Masrundi
    Dosen Pembimbing I : Moch. Kautsar Sophan, S.Kom., M.MT.
    Dosen Pembimbing II :Andharini Dwi Cahyani, S.Kom., M.Kom.
    Abstraksi

    Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan peserta didik yang lain dan pembelajarannya menggunakan teknologi E-Learning. Proses pembelajaran dalam keadaan terpisah akan berpotensi membuat seluruh peserta didik menjadi belajar secara individual. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan sistem manajemen pembelajaran yang mendukung konsep CSCL (Computer Supported Collaborative Learning) guna membangun kebersamaan dalam proses belajar mengajar secara kelompok di kelas virtual. Teknik yang digunakan dalam mendukung konsep CSCL adalah salah satunya membuat sebuah forum diskusi khusus di tiap materi dengan melibatkan pendidik dan peserta didik. Kemudian untuk mengunduh materinya peserta didik diwajibkan untuk online bersama dalam satu kelompok kecil yang sudah ditentukan oleh pendidik. Apabila ada salah satu dari anggota kelompok yang belum online, maka materi tersebut tidak bisa di unduh. Konsep CSCL ini terbilang cukup efektif untuk membantu siswa membiasakan diri belajar secara kelompok serta berdiskusi langsung dengan pengajar untuk memahami materi. Hal itu dibuktikan dengan hasil uji coba yang menunjukan penilaian rata-rata sebesar 7,34 dari nilai range antara 1 sampai 10 dan masuk dalam kategori cukup efektif. Kata Kunci : Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), E-Learning, CSCL (Computer- Supported Collaborative Learning)

    Abstraction

    Distance learning is the education who learners separated between the educators and the learners used e-learning technology. The learning process in a separated situation will make learners was to learn individually. This problem can be completed with a learning management system that support the concept of CSCL (Computer-Supported Collaborative Learning) to build community in the teaching-learning process in the virtual classroom group. One of techniques used in supporting the concept of CSCL is made special discussion forum in every lesson involving educators and learners. Then, to downloaded the lesson, the learner required for online together in a small group that has been determined by the educator. If one member of the group is not online yet, that lesson could not be downloaded. CSCL concept is quite effective to help students familiarize themselves to learn in groups and discuss directly with teachers to understand the lesson. This was evidenced by the test result show the average amounted to 7,34 of the value range between 1 to 10 and include quite effective category. Keywords : Distance learning, e-learning, CSCL (Computer-Supported Collaborative Learning)

Detail Jurnal