Detail Karya Ilmiah

  • Implementasi Algoritma Genetika dan Lindenmayer System untuk Pembuatan Tanaman Cabai pada Game Pemeliharaan Tanaman
    Penulis : Agus Priyono
    Dosen Pembimbing I : Yonathan Ferry H., ST., M.IT.
    Dosen Pembimbing II :Cucun Very Angkoso, ST., MT.
    Abstraksi

    Game merupakan aplikasi yang digunakan sebagai media hiburan atau pembelajaran. Dalam membuat suatu permainan diperlukan Asset. Asset merupakan bahan yang dibutuhkan untuk membuat game seperti gambar dan suara. Dalam proses pembuatan game, Asset adalah salah satu hal yang cukup lama pembuatannya. Pada penelitian ini penulis akan membuat suatu game pemeliharaan tanaman. Tanaman yang ada dalam game tersebut akan dibentuk oleh sistem, sehingga tidak perlu lagi membentuk Asset gambar tanaman secara manual dan pola yang terbentuk juga dapat lebih dinamis. Metode yang digunakan adalah Algoritma Genetika dan Lindenmayer System. Kombinasi dua Metode ini digunakan untuk mendapatkan sebuah tanaman yang proporsional. Game pemeliharaan tanaman ini dibuat menggunakan Unity dan berjalan pada platform Android. Penelitian ini menghasilkan game yang bisa mengimplementasikan L-System dan Algoritma genetika untuk menemukan hasil yang dianggap proporsional dengan merubah persentase atau prioritas acuan yang digunakan untuk mencari nilai fitness. Hasilnya didapat bahwa tamanan yang dianggap baik menempatkan f5 pada prioritas tertinggi dan f2 pada prioritas terendah. Dari hasil pengujian juga terlihat bahwa evolusi dengan menggunakan mutasi, elitism, dan crossover dengan memperhatikan bracketed menghasilkan bentuk yang bervariasi.

    Abstraction

    Game is an application that is used as a medium of entertainment or learning. In the making game, game Asset is neccessary. Asset is an ingredient needed to make the game such as images and sounds. In the process of making games, pretty long preparation needed to make Asset . In this study the authors will make a plant maintenance game. Plants in the game will be set up by the system, so no need to establish Asset manually, crop images and patterns formed also can be more dynamic. The method used is the Genetic Algorithm and Lindenmayer System. The combination of these two methods are used to obtain a plant that is proportionate. this plant maintenance game created using Unity and runs on the Android platform. This research resulted in a game that can implement the L-System and Genetic Algorithm to find results that are considered proportional to the percentage change or priorities references used to find the value of fitness. Result obtained that the considered good plant to be put on f5 as the highest priority and f2 as the lowest priority. From the test results can also be seen that evolution using mutation, elitism, and crossover with regard bracketed produce various forms.

Detail Jurnal