Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI MODIFIED GRAMMATICAL EVOLUTION UNTUK PEMBUATAN LEVEL YANG DINAMIS PADA GAME PLATFORMER SUPER TUX
    Penulis : Doffy Oktaviano Mutik
    Dosen Pembimbing I : Yonathan Ferry H., S.T., M.IT.
    Dosen Pembimbing II :Cucun Very A., S.T., M.T.
    Abstraksi

    Game pada umumnya bervariasi dan memiliki karakteristik yang berbeda – beda. Jenis game yang sering dijumpai adalah game bertipe platformer. Level game platformer biasanya dibuat secara langsung dan statis. Pembuatan level yang statis pada game platformer membuat pemain dengan mudah menghafal game yang dimainkan dan pemain akan merasa cepat bosan. Game Super Tux merupakan contoh game platformer yang content dalam level dibangun secara manual oleh programmer. Penelitian ini mengimplementasikan sebuah metode Procedural Content Generation (PCG) bernama Grammatical Evolution (GE) untuk menjadikan level game Super Tux dinamis. Game Super Tux berjalan pada perangkat bergerak Android. Hasil penelitian menunjukan bahwa GE mampu membuat level game secara dinamis disesuaikan berdasarkan parameter yang diinputkan. Parameter tersebut berupa nilai fitness place (fp), probabilitas mutasi, µ, dan ?. Dengan menggunakan probabilitas mutasi sebesar 0.8f, µ dan ? bernilai 8, dan fp bernilai 10, level game Super Tux dapat terbentuk dengan baik dan variatif. Pada beberapa contoh kasus dengan penggunaan parameter nilai fp 25 dan 50, tipe chunk yang dibangun lebih mengarah ke platform. Jika dibandingkan dengan crossover, hasil dari teknik ES µ + ? pada evolusi GE tidak ditemukan adanya level yang rusak.

    Abstraction

    Games in general are varied and have different characteristics. A common type of game is a platformer type game. Level platformer game is usually made directly and static. Making a static level at platformer game made players can easily memorize games played and the player will feel bored. Game platformer Super Tux is an example of the content in the level constructed manually by the programmer. This study implements a method of Procedural Content Generation (PCG) named grammatical Evolution (GE) to make dynamic level game of Super Tux. Game Super Tux runs on Android mobile devices. The results showed that GE is able to create a dynamical levels game based on the parameters. The parameters are a fitness value place (fp), the probability of mutation, ?, and ?. By using the mutation probabilities of 0.8f, ? and ? value set to 8, and fp value set to 10, level game of Super Tux can be well formed and varied. In a few cases with parameter values of fp set to 25 and 50, the type of chunk mostly built are the platform. Of all the tests conducted, there were no rigged levels. When compared with the crossover, there is no broken level found using ES method of GE

Detail Jurnal