Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI AGENT-BASED DUNGEON GROWING UNTUK PEMBUATAN PETA DAN GENETIC ALGORITHM UNTUK MENEMUKAN SOLUSI TERBAIK PADA GAME ROGUELIKE
    Penulis : Tanzilal Rizky Mubaroka
    Dosen Pembimbing I : Yonathan Ferry H., ST., M.IT.
    Dosen Pembimbing II :Cucun Very Angkoso, ST., MT.
    Abstraksi

    Game sekarang ini sudah tidak asing bagi kebanyakan orang dan telah ada di banyak perangkat mulai dari komputer, console maupun Smartphone. Pada pembuatan game terdapat banyak proses yang dilakukan, salah satunya adalah desain level. Semua asset yang di pakai dalam pembuatan desain level dibuat oleh pengembang game dan semua itu statis, juga membutuhkan waktu dalam proses pembuatannya. Penelitian ini mengimplementasikan sebuah metode Procedural Content Generation (PCG) bernama Agent-based dungeon growing yang akan membuat layout peta dungeon secara dinamis untuk Game Roguelike. Metode agent-based dungeon growing dapat diterapkan pada pembuatan level dungeon dengan spesifikasi ruangan-ruangan terpisah yang dihubungkan dengan koridor. Hasil pengujian dari Behaviour atau perilaku yang diterapkan pada agent dapat menghasilkan level peta dungeon dengan kemungkinan menghasilkan ruangan terisolasi paling tinggi 30% dalam 10 kali percobaan dan jumlah ruangan terisolasi paling tinggi hanya 1 ruangan terisolasi dalam satu level dungeon. Nilai dari jumlah langkah agent yang digunakan mempengaruhi jumlah ruangan yang dibuat. Hasil pengujian game ini dapat berjalan dengan baik pada emulator dan perangkat android smartphone dengan rata-rata kecepatan 0,016262 detik pada perangkat android smartphone.

    Abstraction

    Games today are familiar to most people and has existed in many devices such as computers, consoles and smartphones. There are many processes In game development, one of them is the level design. All the assets that will be used in level designs created by the game developers it self and it's mostly static, also time consuming. This research implements a method of Procedural Content Generation (PCG) named Agent-based dungeon growing that would make the map dungeon layout dynamically for roguelike game. Agent-based dungeon growing can be applied to the manufacture of dungeon levels with specification separate rooms connected by a corridor. The test results of Behaviour or conduct that applied to the agent can produce dungeon maps with the possibility of generating an isolated room, the highest is 30% in 10 attempts and the highest number of isolated rooms only one isolated room in one level dungeon. The value of the number of steps that agent use will affects the amount of room that is created. The test results of this game can run well on emulators and devices android smartphone with an average speed of 0.016262 seconds on android smartphone devices.

Detail Jurnal