Detail Karya Ilmiah

  • SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PESERTA SERTIFIKASI GURU SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE FAHP (STUDI KASUS: UPT PENDIDIKAN KECAMATAN KOTA SUMENEP)
    Penulis : Nur Muhammad Afif Syahbabandi
    Dosen Pembimbing I : Sigit Susanto Putro, S.Kom., M.Kom
    Dosen Pembimbing II :Achmad Jauhari, S.T., M.Kom
    Abstraksi

    Sertifikasi guru merupakan salah satu program kerja dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia yang bertujuan untuk memberikan sertifikat pendidik kepada guru yang dianggap layak. Program ini telah dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia dan salah satunya di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep. Agar bisa menjadi peserta Sertifikasi, seorang guru harus melengkapi persyaratan untuk kemudian diverifikasi. Proses verifikasi ini membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Untuk menekan kebutuhan sumber daya ini dibutuhkan sebuah sistem terkomputerisasi yang dapat membantu pihak terkait dalam menentukan peserta Sertifikasi Guru. Di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep tersedia sistem dari Kemdikbud untuk menentukan peserta Sertifikasi Guru yang hanya dapat diakses secara online dan masih banyak kekurangannya. Untuk memecahkan masalah tersebut peneliti telah merancang SPK (Sistem Pendukung Keputusan) yang diintegerasikan dengan metode FAHP (Fuzzy Analytical Hierarchy Process). Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penerapan SPK yang diintergerasikan dengan metode FAHP ini telah sangat membantu pihak terkait dalam menentukan peserta Sertifikasi Guru. Penerapan metode FAHP juga menunjukkan hasil yang baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji akurasi yang mencapai 97% persen untuk periode pertama dan 99% di periode kedua penentuan peserta Sertifikasi Guru di tahun 2016.

    Abstraction

    Teacher certification is one of the programs conducted by Education and Culture Ministry (Kemdikbud) of the Republic of Indonesia which aims to provide educator certificates to teachers who are considered feasible. This program has been implemented in all parts of Indonesia and one of them is in the Education Office of Sumenep Regency. In order to become a Certification participant, a teacher must complete the requirements to be verified. This verification process requires a lot of resources. To suppress these resource requirements, a computerized system that can assist stakeholders in determining teacher certification participants is required. In Sumenep District Education Office has been available a system from Kemdikbud to determine the Teacher Certification participants that can only be accessed by online and still many shortcomings. To solve the problem, the researcher has designed SPK (Decision Support System) which integrated with FAHP (Fuzzy Analytical Hierarchy Process) method. Based on the results of the research, it is known that the application of SPK that is interrogated with FAHP method has greatly assisted the relevant parties in determining the participants of Teacher Certification. The application of the FAHP method also shows good results. This evidence can be established by the results of an accuracy test that reached 97% percent for the first period and 99% in the second period of determination of Teacher Certification participants in 2016.

Detail Jurnal