Detail Karya Ilmiah

  • Visualisasi Analisa Pembelajaran (Learning Analytics) pada E-Learning Mata Kuliah Sistem Informasi
    Penulis : Elisa Riani
    Dosen Pembimbing I : Rika Yunitarini, S.T.,M.T
    Dosen Pembimbing II :Andharini Dwi Cahyani,S.Kom.,M.Kom
    Abstraksi

    E-Learning menjadi konsep pendidikan masa kini yang memanfaatkan teknologi jaringan komputer untuk melakukan pembelajaran, namun E-Learning di nilai kurang dalam menilai pola perilaku mahasiswa dalam melakukan pembelajaran karena E-Learning belum mampu memberikan fitur belajar yang sesuai dengan karakter mahasiswa dalam melakukan pembelajaran. Agar proses belajar mengajar pada sistem E-Learning mudah di evaluasi baik oleh dosen maupun mahasiswa, maka perlu adanya Visual Learning Analytics pada sistem tersebut. Visual Learning Analytics dilakukan untuk menganalisa pembelajaran dengan hasil akhir dalam bentuk pembelajaran yang berbasis gambar, grafik atau diagram. Sistem ini menggunakan E-Learning mata kuliah Sistem Informasi, sistem diolah dengan cara mengambil log dari E-Learning sebagai sumber untuk mencari pola perilaku pengguna, kemudian data dikelompokkan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Hasil dari pengelompokan tersebut kemudian di visualisasikan dalam bentuk speedometer. Dengan diimplementasikan sistem ini dosen dapat dengan mudah dalam mengamati,mengevaluasi dan menilai pola perilaku mahasiswa dalam melakukan pembelajaran serta mahasiswa dapat mengevaluasi pola perilaku dirinya sendiri dalam melakukan pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba yang diterapkan, sistem secara keseluruhan dinilai bisa diterapkan dengan baik oleh mahasiswa maupun dosen dengan nilai rata-rata 7,7 dari mahasiswa dan nilai rata-rata 8 dari dosen yang masuk dalam kategori baik. Kata kunci : E-Learning, Visual Learning Analytics, Sistem Informasi

    Abstraction

    E-Learning as the concept of education today that utilize computer network technology to do the learning, but the E-learning at less value in assesing the behaviour pattern of students to learn because E-learning has not been able to provide an appropriate learning features with the character of students doing learning. In order to learning process on the E-learning system attractive and easily evaluated by lecturer or students, it is necessary to visual learning analytics in the system. Visual learning analytics conducted to analyze with the last result in the form of learning-based images, graphs, or diagrams. The system uses E-learning Information systems courses, the system processed by take the log of E-learning as a source to behaviour pattern of user, and then data are group based on determined criteria. The results of these grouping then visualized in form of a speedometer. By implemented this system, lecturer can easily observed, evaluated and asses the behaviour of students in do the learning, and students can evaluated behaviour patterns himself in do the learning. Based on the trial results were applied, overall the systems can be implemented properly by the students and lecturer with an average value of 7.7 out of students and the average value of 8 from lecturers is entered into either good category. Keyword : E-Learning, Visual Learning Analytics, Information System

Detail Jurnal