Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Keripik Singkong UD. Dua Saudara (Bintang 9) Manding - Sumenep
    Penulis : Farah Wildaini
    Dosen Pembimbing I : Millatul Ulya, S.TP., MT
    Dosen Pembimbing II :Dr. Ir. H. Asfan, MP
    Abstraksi

    Berbagai merek keripik singkong yang ditawarkan di pasaran membuat konsumen dihadapkan dengan berbagai alternatif, sehingga konsumen cenderung mempunyai preferensi tertentu sebelum melakukan proses pengambilan keputusan pembelian produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian produk keripik singkong UD. Dua Saudara dan mengetahui tingkat dominasi faktor yang dibentuk dengan menggunakan analisis faktor. Penelitian ini menggunakan enam variabel sebagai alat uji yaitu rasa suka, harga, kemasan, varian rasa, kerenyahan, dan ijin depkes. Dari enam variabel yang diteliti, dihasilkan dua faktor yang dapat dibentuk oleh variabel-variabel tersebut. Faktor pertama adalah faktor kenyamanan dan faktor kedua adalah faktor kesukaan. Faktor kenyamanan lebih dominan dari pada faktor kesukaan karena nilai total of variance 26,015% menunjukkan faktor kenyamanan lebih tinggi dari pada faktor kesukaan. Kata kunci :Keripik Singkong, Perilaku Konsumen, Analisis Faktor

    Abstraction

    ABSTRACT The existence of a wide variety of cassava chips brands offered in the market would make consumers are faced with various alternatives that exist so that consumers tend to have certain preferences before making the decision making process. This study aims to determine what factors influence the purchase decision of cassava chips products UD. Dua Saudara and determine the level of dominance factor formed by using factor analysis. This study used six variables as a test tool that taste like, price, packaging, flavors, crispness, and the Department of Health permit. Of the six variables studied, produced two factors can be in the form of the variables. The first factor is the convenience factor and the second factor is the factor of joy. The convenience factor is more dominant than the factor of joy for a total value of 26.015% of variance showed a higher comfort factor of the joy factor. Keywords : Cassava Chips, Consumer behavior, Factor Analysis

Detail Jurnal