Detail Karya Ilmiah

  • KETERKAITAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KEDAI CEKER LAPINDO SIDOARJO
    Penulis : Moch Lauchil Mahfud
    Dosen Pembimbing I : Dr.Teti Sugiarti, SP., MSi.
    Dosen Pembimbing II :Novi D.B. Tamami, SP., MP.
    Abstraksi

    Kabupaten Sidoarjo salah satu kabupaten yang memiliki jumlah penduduk pada tahun 2013 berkisar 2.090.619. Peningkatan jumlah penduduk menyebabkan jumlah pengeluaran rata-rata pada minuman dan makanan jadi meningkat berkisar 148.303 tahun 2014. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen di Kedai Ceker Lapindo serta untuk mengetahui hubungan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini dilakukan di daerah Taman Pinang Kabupaten Sidoarjo. Sampel diambil menggunakan metode Non Probability dengan teknik Conveneince Sampling, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis indeks kepuasan pelanggan, indeks loyalitas pelanggan dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan variabel kepuasan konsumen berada pada kategori tinggi, terutama pada atribut kepuasan produk memiliki nilai sebesar 0,87, sedangkan pada variabel loyalitas konsumen secara keseluruhan berada pada kategori tinggi, terutama pada atribut loyalitas pelayanan memiliki nilai 0,73, sedangkan pada hubungan antara kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen berada pada kategori cukup kuat dan bersifat signifikan, tetapi korelasi tertinggi berada pada kepuasan produk terhadap loyalitas pelayanan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,467 yang berarti bahwa kedua variabel tersebut dikategorikan dalam hubungan yang cukup kuat dan bersifat signifikan pada taraf kepercayaan 0,05. Kedai ceker lapindo diharapkan dapat melakukan perbaikan westafel dan penyediaan musholla serta lebih memperhatikan soal kebersihan tempat makan, agar kepuasan konsumen terhadap tempat dapat meningkat. Peningkatan terhadap fasilitas tempat diharapkan bisa menarik konsumen untuk melakukan pembelian ulang di Kedai Ceker Lapindo. Kata kunci : industri makanan, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen, uji korelasi

    Abstraction

    Sidoarjo Regency is one of regency that have about 2.090.619 population in 2013. Increasing the number of population causes the amount of spending average at food and dring increase about 148.303 in 2014. The purposes of this research is to analyze the satisfied level and loyality of consument in Kedai Ceker Lapindo as well as to determine the relationship between consument’s satisfaction due to consument’s loyality. This research was conducted in Taman Pinang area of Sidoarjo Regency. Samples were taken using non probability method with conveneince sampling technique while the data analysis data that was used is index analysis of consument’s satisfaction, consument's loyality, and correlation test. The results showed that overall, variable customer satisfaction at the high category, especially on product satisfaction attribute has a value of 0.87, while the overall consumer loyalty variables that are in the high category, especially on the attributes of service loyalty has a value of 0.73, whereas the relationship between customer satisfaction on consumer loyalty in the category is strong enough and are significant, but the highest correlation is the product satisfaction to loyalty services with a correlation coefficient of 0.467, which means that these two variables are categorized in a strong enough relationship and are significant in 0.05 confidence level. Shop claw lapindo wastafel expected to make improvements and the provision of mosque and more concerned about the cleanliness of places to eat, so that customer satisfaction with the place can be increased. Improvement of the facility is expected to attract consumers to make repeat purchases in Kedai Ceker Lapindo. Keyword : food industry, consument satisfaction, consument loyality, correlation test

Detail Jurnal