Detail Karya Ilmiah

  • EFISIENSI PEMASARAN BUDIDAYA RUMPUT LAUT (Eucheuma Cottonii) DI KABUPATEN SUMENEP
    Penulis : Yuliana
    Dosen Pembimbing I : Novi D.B. Tamami, SP.,MP
    Dosen Pembimbing II :Andrie K. Sunyigono, SP.,MP.,Ph.D
    Abstraksi

    Penelitian ini dilakukan di Desa Pakandengan Tengah Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, dengan tujuan: (1) mengetahui saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemasaran, (2) menghitung jumlah margin pemasaran dan keuntungan, (3) menghitung persentase tingkat efisiensi pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran rumput laut. Metode pengambilan sampel pada petani dilakukan dengan menggunakan simple random sampling sejumlah 30 responden dan sampel lembaga pemasaran menggunakan snowball sampling, sedangkan metode analisis menggunakan analisis margin pemasaran, distribusi pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pertama, saluran pemasaran di Desa Pekandengan Tengah ada dua saluran yaitu petani-pedagang pengumpul-pedagang besar-perusahaan dan petani-pedagang pengumpul-perusahaan. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh masing-masing lembaga pemasaran adalah fungsi pertukaran yang terdiri dari penjualan dan pembelian, serta fungsi fisik yang terdiri dari pengeringan, penyimpanan, packaging, dan transportasi. Kedua, margin pemasaran dan keuntungan setiap lembaga pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran adalah saluran pemasaran I total margin pemasaran adalah Rp. 10.500/kg dan keuntungan total adalah Rp. 10.250/kg, sedangkan saluran pemasaran II total margin pemasaran adalah Rp. 6.000/kg dan keuntungan total adalah Rp. 5.850/kg. Ketiga, berdasarkan persentase tingkat efisiensi adalah <50% berarti sudah efisien. Nilai efisiensi saluran pemasaran I sebesar 2,08% sedangkan nilai efisiensi saluran pemasaran II sebesar 0,83%. Kata kunci: Pemasaran, Efisiensi Pemasaran

    Abstraction

    This research was conducted at the Central Pakandengan District of Bluto Sumenep, with the aim of: (1) determine the marketing channels and marketing functions, (2) calculate the amount of marketing and profit margins, (3) calculate the percentage level of marketing efficiency at each institution seaweed marketing. Sampling method on farmers is done by using simple random sampling number of 30 respondents and sample marketing agencies using snowball sampling, whereas the method of analysis using the marketing margin analysis, marketing distribution, farmer's share and marketing efficiency. The results show that the first discussion, the marketing channel in the Middle Pekandengan village there are two channels, namely farmer - traders - wholesalers - enterprises and farmers - traders - companies. Marketing functions performed by each agency marketing is exchange function which consists of sales and purchases, as well as physical function consists of drying, storage, packaging and transport. Second, marketing and profit margins every marketing agencies in each marketing channel is the first marketing channels total marketing margin is Rp. 10,500/kg and the total profit was Rp. 10,250/kg, while the marketing channel II total marketing margin is Rp. 6,000/kg and the total profit was Rp. 5,850/kg. Third, based on the percentage level of efficiency is <50% means it efficiently. I value marketing channel efficiency by 2.08% while the value of the second marketing channel efficiency of 0.83% . Keywords : Marketing , Marketing Efficiency

Detail Jurnal