Detail Karya Ilmiah

  • PEMASARAN TAHU PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA “SUKA MAKMUR” DI DESA KARTASURA KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO
    Penulis : NOOR CHOLLIS ZASIN
    Dosen Pembimbing I : Dr. Ir. Slamet Subari, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Novi Diana Badrut Tamami, SP., MP
    Abstraksi

    Lemahnya penentuan harga dan kualitas di setiap pedagang, sehingga menimbulkan ketidakpastian pendapatan produsen tahu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, marjin pemasaran dan efisiensi pemasaran tahu di Industri Rumah Tangga “Suka Makmur” Desa Kartasura Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Penentuan sampel dengan metode purposive sampling terhaap 1 responden yaitu pimpinan dan snowball sampling terhadap 1 agen dan 1 pengecer. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan analisis marjin pemasaran. Hasil menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran. Saluran pemasaran kedua merupakan saluran yang paling efisien dengan persentase marjin sebesar 4,67%. Kata Kunci: Saluran, Marjin, Efisiensi, Pemasaran

    Abstraction

    Low pricing and quality at every trader, resulting in uncertainty in the income of tofu producers. This study aims to determine the shape of marketing channels, marketing margins and efficiency of tofu marketing in the "Suka-Makmur" Household Industry in Kartasura Village, Kartasura Sub-District, Sukoharjo Regency. Determination of the sample by purposive sampling method towards 1 respondent namely the leader and snowball sampling towards 1 agent and 1 retailer. The analysis used is descriptive qualitative and marketing margin analysis. The results show that there are two marketing channels. The second marketing channel is the most efficient channel with a margin of 4.67%. Keywords: Channels, Margins, Efficiency, Marketing

Detail Jurnal