Detail Karya Ilmiah
-
Preferensi Konsumen Terhadap Produk Sayuran Organik di Kebun Sayur SurabayaPenulis : Dwi Widi AstutiDosen Pembimbing I : Dr. Elys Fauziyah, SP., MPDosen Pembimbing II :Novi D.B Tamami, SP., MPAbstraksi
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap konsumen dalam pembelian sayuran organik dan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran organik. Penelitian ini dilakukan di Kebun Sayur Surabaya. Penelitian ini menggunakan analisis Multiatribut Fishbein dan analisis Faktor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap konsumen berada pada kategori sikap yang baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran organik dikelompokan menjadi dua komponen utama, yaitu faktor internal dan fasilitas pendukung yang meliputi lima variabel yaitu, pendapatan, kebiasaan/gaya hidup, motivasi, fasilitas pendukung dan manfaat bagi kesehatan. Faktor kedua yaitu faktor eksternal yang meliputi dua variabel yaitu, keragaman sayuran dan lokasi. Kata kunci: Sayuran Organik, Preferensi Konsumen, Analisis Fishbein, Analisis Faktor.
AbstractionThe purpose of this study to determine the attitudes of consumers in the purchase of organic vegetables and the faktors that influence organic. This research was conducted in Surabaya Vegetable Garden. This study uses Fishbein Multiatribut analysis and Factor analysis results of this study shows that are in the category of a good attitude. Factor that affect consumers in the purchase of organic vagetables are classified into two main component, namely internal and support facilities which includes five variables, namely income, lifestyle, motivation, support facilities and healty benefits. The seconds factor is external factors which include two variables, namely, the diversity of vagetables and location. Key words: Organic Vagetables, Consumer Preferences, Fishbein Analysis, Factor Analysis.