Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN UDANG VANNAME DI KABUPATEN LAMONGANPenulis : Satria Bakti WijayaDosen Pembimbing I : Dr. Mardiyah Hayati, SP., MPDosen Pembimbing II :Setiani, SP., MPAbstraksi
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Laren dan Kecamatan Karanggeneng dengan tujuan untuk mengetahui analisis usaha budidaya Udang Vanname dan mengetahui pola saluran pemasaran serta fungsi dari kegiatan lembaga pemasaran yang terjadi di lokasi penelitian. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis usaha yang diantaranya terdapat analisis R/C rasio, B/C rasio dan analisis pendapatan serta analisis deskriptif tentang penjelasan pola saluran pemasaran yang terjadi dan penjelasan tentang fungsi dari kegiatan lembaga pemasaran Udang Vanname yang terlibat di lokasi penelitian. Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa usaha budidaya udang vanname menguntungkan untuk dijalankan karena memiliki nilai R/C rasio 2.17, B/C rasio 1.17 dan rata-rata pendapatan sebesar Rp 160,488,623.02 dan pada penelitian diketahui terdapat dua saluran pemasaran udang vanname yaitu dari petani tambak langsung ke konsumen dan petani tambak kepada pedagang besar. Lembaga pemasaran yang terlibat pada pemasaran udang vanname ini melakukan fungsi pemasaran yang terlibat pada pemasaran udang vanname ini melakukan fungsi pemasaran seperti penjualan, penyortiran, dan pembelian akan tetapi tidak semua lembaga pemasaran melakukan kegiatan tersebut. Kata kunci : Udang Vanname, Analisis Usaha, R/C rasio, B/C rasio Fungsi Dan Pola Saluran Pemasaran
AbstractionThis study was conducted in Laren and Karaggeneng Sub Districts with the objectives to know the business analysis of Vanname Shrimp farming and to know the marketing channel patterns and the functions of marketing agencies activities that occur in the study site. Analysis methods that used are business analysis included analysis of R/C ratio, B/C ratio, and income analysis and also descriptive analysis about the functions of the marketing agencies activities of Vanname Shrimp that involved in the study site. The results of the study show that the business of Vanname Shrimp farming is profitable to run because has the value of R/C ratio of 2.17, B/C ratio of 1.517 and the average income of Rp 160,488,623.02 and in the study, it is found that there are two marketing channels of Vanname Shrimp those are from fish farmers directly to consumers and from fish farmers to wholesalers. The marketing agencies that involved in the marketing of Vanname Shrimp perform marketing fuctions such as selling, sorting, and buying, but not all of the marketing agencies conducting such activities. Keywords: Vanname Shrimp Farming, Business Analysis, R/C ratio, B/C ratio Functions and Patterns of Marketing Channel