Detail Karya Ilmiah

  • FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP RUMAH MAKAN M RAMEN DI KABUPATEN BANGKALAN
    Penulis : Lutfiyatus solehah
    Dosen Pembimbing I : Dr. Elys Fauziyah, SP., MP
    Dosen Pembimbing II :Andrie Kisroh S,. Ph.D
    Abstraksi

    ABSTRAK Bisnis makanan Jepang di Indonesia saat ini semakin berkembang, karena bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Salah satu makanan Jepang yang terkenal adalah Ramen, merupakan makanan berbasis mi dengan kuah dan topping bermacam variasi rasa. Mie Ramen hadir sebagai nuansa baru bisnis makanan Jepang yang menjawab permintaan pasar akan pelayanan konsumen dalam menikmati hidangan yang khas dengan spesialisasi mi yang memiliki cita rasa tinggi dan harga terjangkau. Rumah makan M Ramen merupakan salah satu rumah makan cepat saji yang menyediakan menu masakan Jepang berupa mi ramen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses keputusan pembelian dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen mi ramen. Penelitian dilakukan di rumah makan M Ramen Kabupaten Bangkalan. Sampel diambil dengan metode Accidental Sampling dan penentuan sampel menggunakan multivariate didapat 50 responden dengan kriteria membeli dan mengkonsumsi mi ramen dua kali atau lebih dalam 6 bulan terakhir. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses keputusan pembelian mi ramen terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap pengenalan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, proses pembelian dan evaluasi pasca pembelian. Sedangkan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen mi ramen di rumah makan M Ramen adalah peran rekan kerja, karena sumber informasi yang diperoleh secara langung dari rekan kerja melalui mouth to mouth. Kata kunci: Analisis Faktor, Keputusan Pembelian, Mie Ramen, Rumah Makan

    Abstraction

    ABSTRACT Japanese food business in Indonesia is currently growing, because it can be well received by the community. One of the famous Japanese foods is Ramen, a noodle-based food with gravy and various variations of topping. Ramen noodles are present as a new nuance of the Japanese food business that answers market demand for customer service in enjoying special dishes with noodle specialties that have high taste and affordable prices. M Ramen restaurant is one fast food restaurant that provides a menu of Japanese dishes in the form of ramen noodles. This research has a purpose to identify the process of purchasing decisions and analyze the factors that affect the purchasing decision of ramen noodles. The research was done at M Ramen restaurant in Bangkalan. Samples was by Accidental Sampling method and the determining the sample used Multivariate which got 50 respondents in category purchasing and consuming ramen noodles twice or more in la tely 6 months. The data were analyzed by descriptive method and factor analysis. The results of this reseacrh shows that the purchasing decision ramen noodles consist some steps, those are introducing, searching some information, alternative evaluation, purchasing process and evaluation after purchasing. While the most dominant factor in influencing consumer purchasing decisions for ramen noodles in a restaurant M Ramen is the role of coworkers, because the source of information is obtained directly from coworkers through mouth to mouth. Key words: Factor Analysis, Purchase Decision, Ramen Noodle, Restaurant

Detail Jurnal