Detail Karya Ilmiah
-
PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT KEMASAN PRODUK RUMAH KEMAS SNACK KHAS MADURA (R-MAMA’S)Penulis : RUHAINAHDosen Pembimbing I : Dr. Elys Fauziyah, SP.,MP.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK R-Mama’s merupakan rumah kemas yang didirikan untuk menjadikan produk camilan khas Madura sebagai produk yang lebih unggul dengan cara memperbaiki kemasannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kemasan produk R Mama’s dan atribut kemasan yang paling disukai oleh konsumen. Penelitian dilakukan di Universitas Trunojoyo Madura dengan jumlah sampel 40 responden menggunakan metode Purposive Sampling (sengaja). Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dan analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum responden menyukai atribut-atribut yang melekat pada kemasan produk R-Mama’s. Sedangkat atribut yang paling disukai responden terhadap kemasan produk R-Mama’s adalah warna kuning keemasan, bahan aluminium foil, penutup kemasan memakai siller dan flib, ikon memasukkan ikon ibu-ibu madura, bentuk kemasan kotak, label menggunakan stiker dan desain tidak mencantumkan gambar produk. Kata Kunci: Pengemasan, Atribut, Konjoin.
AbstractionABSTRACT R-Mama’s is a home pack that was established to make a product of Madura typical snack as a superior produk by improving the packaging. The aim of this study is to know the consumers perception on R-Mama’s product packaging and the packaging attribute that most preferred by the consumers. The study is conducted in University of Trunojoyo Madura with the total sample is 40 respondents by using Purposive Sampling method (intentionally). Method of data analysis that used is descriptive method and conjoint analysis. The results of the study show that generally, the respondents like the attributes which attached to R-Mama’s product packaging. Moreover, the attributes that most preferred by the respondents on R-Mama’s product packaging are the golden yellow color, the aluminum foil material, the packaging cover that uses siller and flip, the icon that uses Madura mothers icon, the box packaging form, the label that uses sticker, and the design that does not attach the image of the product. Keywords: Packaging, Attribute, Conjoint.