Detail Karya Ilmiah

  • PEMETAAN KINERJA DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP BAURAN PEMASARAN PRODUK JAMU MADURA MERK PAYUNG EMAS "Siti Fatma"
    Penulis : MUSDALI FATUL HASANAH
    Dosen Pembimbing I : Dr. Elys Fauziyah, SP., MP.
    Dosen Pembimbing II :Novi D.B. Tamami, SP., MP.
    Abstraksi

    ABSTRAK Persaingan yang semakin ketat antar produk jamu di Indonesia, menyebabkan pertumbuhan industri jamu madura di kota Bangkalan mengalami penurunan. UD. Payung Emas “Siti Fatma” merupakan industri jamu madura yang memiliki omset tertinggi di Kota Bangkalan, namun omset pada tahun 2013-2014 tidak mengalami peningkatan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui pemetaan kinerja bauran pemasaran produk jamu madura merek Payung Emas “Siti Fatma” dengan menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis), dan 2) mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap bauran pemasaran produk jamu madura merek Payung Emas “Siti Fatma” menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index). Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis IPA menunjukkan bahwa atribut kemudahan memperoleh menjadi prioritas utama dalam melakukan perbaikan kinerja bauran pemasaran produk jamu madura merek Payung Emas “Siti Fatma”. Dari hasil analisis CSI, diperoleh tingkat kepuasan konsumen sebesar 0.80 yaitu berada pada rentang 0.66-0.80, nilai tersebut menunjukkan bahwa secara keseluruhan konsumen sudah puas terhadap bauran pemasaran produk jamu madura merek Payung Emas “Siti Fatma”. . Kata kunci: Jamu Madura, Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Index, Bauran Pemasaran

    Abstraction

    ABSTRACT The competition that become more and more strict between jamu in Indonesia cause the development industry of jamu in Madura, especially Bangkalan city decrease. UD Payung Emas is one of industry of jamu Madura which have the highest income in Bangkalan, but the income in 2013-2014 was not increase. The purpose of this research are the first is to know the marketing performance mapping of marketing mix product jamu Madura with Payung Emas brand use Importance Performance Analysis (IPA) method analysis. The second is to know the customer satisfaction level towards the marketing mix of jamu Madura with Payung Emas brand use customer satisfaction index (CSI). The result from this research, based on the analysis IPA point out that ease attribute to acquire the product become the main priority in the improvement of performance marketing mix product jamu Madura with Payung Emas brand. Meanwhile, from the result of CSI analysis obtained the degree of customer satisfaction at 0.80 which is in the range of value 0.66-0.80 indicates that overall customers are satisfied with the marketing mix of herbal product jamu Madura with Payung Emas brand. Keyword : Jamu Madura, Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Index, Marketing Mix

Detail Jurnal