Detail Karya Ilmiah

  • Preferensi Konsumen Terhadap Minuman Kopi Di Cafe Kopi Tulis
    Penulis : Dinik Surmayanti
    Dosen Pembimbing I : Novi D. B. Tamami, SP., MP.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui karateristik konsumen yang membeli minuman kopi di cafe Kopi Tulis, (2) menganalisis atribut-atribut apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli minuman kopi di cafe Kopi Tulis. Penelitian ini dilakukan di cafe Kopi Tulis Lamongan serta menggunakan analisis deskriptif dan analisis konjoin. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa konsumen yang membeli minuman kopi di cafe Kopi Tulis ialah berumur 17-25 tahun, dengan jenjang pendidikan terakhir SMA, pekerjaan karyawan swasta dan berpendapatan > Rp. 2.000.000. Hasil analisis konjoin menunjukkan bahwa konsumen lebih menyukai varian Guillermo, tampilan gelas plastik, rasa pahit dan harga Rp. 30.000. Tingkat kepentingan atribut yang dipilih oleh konsumen yaitu varian, rasa, harga dan tampilan. Kata kunci : pilihan konsumen, atribut, cafe kopi tulis, konjoin.

    Abstraction

    The objectives of this study are (1) to know the characteristics of consumers who buy coffee drinks at Kopi Tulis cafe, (2) to analysis what kind of attributes that become consumers’ consideration in buying coffee drinks at Kopi Tulis cafe. This study conducted in Kopi Tulis cafe Lamongan using descriptive analysis and conjoint analysis. The results of the study show that the consumers who buy coffee drinks at Kopi Tulis café are aged 17-25 years, with the last level of high school education, and private employment with an income > Rp. 2,000,000. The results of conjoint analysis show that the consumers prefer the Guillermo variant, plastic glass display, bitter taste and price of Rp. 30,000. The level of importance of the attributes chosen by the consumers is variant, taste, price, and display. Keywords: consumer choice, attribute, kopi tulis cafe, conjoint.

Detail Jurnal