Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PENGARUH CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) TERHADAP PERENCANAAN AGRESIVITAS PAJAK ( STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2010-2014 )Penulis : Faridatul MakhfudlohDosen Pembimbing I : Nurul Herawati, S.E., M.SiDosen Pembimbing II :Anis Wulandari, S.E., MSA., Ak., CAAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh CSR (Corporate Social Responsibility) terhadap perencanaan agresivitas pajak. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan agresivitas pajak yang diukur dengan menggunakan ETR (Effective Tax Rates). Variabel independen dalam penelitian ini adalah CSR (Corporate Social Responsibility). Sedangkan variabel kontrol dalam penelitian ini adalah leverage, likuiditas, profitabilitas, ukuran perusahaan, intensitas modal, dan intensitas persediaan. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Harari et., al, (2013). Penelitian ini menggunakan 55 sampel perusahaan yang terdaftar dalam JII (Jakarta Islamic Index) yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) perode tahun 2010-2014. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 11 perusahaan per tahun yang memenuhi kriteria penelitian. Data analisis menggunakan model analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara CSR terhadap perencanaan agresivitas pajak. Kata kunci : CSR dan perencanaan agresivitas pajak
AbstractionABSTRACT This study aims to empirically examine the effect of corporate social responsibility to aggressive tax planning. The dependent variable is used in this study is aggressive tax planning that measured using ETR (effective tax rates). The independent variable in this study is CSR (Corporate Social Responsibility). While control variable in this study is leverage, liquidity, profitability, company size, capital intensity, and inventory intensity. This study is a replication of the study by Harari et., al (2013). This study use 55 company sample that listed on the JII (Jakarta Islamic Index) that listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2010-2014. The study sample were selected by purposive sampling method and finally obtained 11 companies per year that fulfill the criterias. Data were analyzed using multiple linier regression analysis model. The result show that did nof effect that significant between CSR to aggressive tax planning. Keywords : CSR and aggressive tax planning