Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENGETAHUAN PERATURAN RETRIBUSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PEMANFAATAN JASA PENERIMAAN RETRIBUSI PELAYANAN KESEHATAN DI KABUPATEN BANGKALANPenulis : amalia ambaniDosen Pembimbing I : Nurul Kompyurini, S.E., M.AK,, AkNurul Kompyurini, S.E., M.AK,, AkDosen Pembimbing II :Nurul Herawati, SE., MSiAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis terkait pengaruh pengetahuan peraturan retribusi dan kualitas pelayanan terhadap pemanfaatan jasa penerimaan retribusi pelayanan kesehatan di Kabupaten Bangkalan secara parsial dan simultan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 responden. Teknik sampling menggunakan snowballing sampling. Data diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh responden yang membayar retribusi pelayanan kesehatan. Teknik analisis data dengan regresi linier berganda, untuk menentukan hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengetahuan peraturan retribusi tidak berpengaruh terhadap pemanfaatan jasa penerimaan retribusi pelayanan kesehatan, (2) kualitas pelayanan berpengaruh terhadap pemanfaatan jasa penerimaan retribusi pelayanan kesehatan.
AbstractionThis research aims to examine and analyze the knowledge of the rules related to the effect of retribution and the quality of service to the utilization of health care services retribution in Bangkalan partially and simultaneously. The sample in this study were 70 respondents using snowballing sampling technique. Data were obtained from questionnaires filled out by respondents who pay for health services retribution. Data analysis techniques with multiple linear regression, to determine hypotheses using the t test and f. The results showed that (1) knowledge of the rules retribution does not affect the reception service utilization on health services, (2) quality of service affect the utilization of health care services retribution.