Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) PERIODE 2009-2013
    Penulis : WIDYASARI
    Dosen Pembimbing I : Prof. Dr.H.M. Nizarul Alim, SE., MSi., Ak
    Dosen Pembimbing II :Anis Wulandari, SE.,MSA., Ak., CA,
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Variabel independen dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan yang diprosikan dengan LnSize, profitabilitas yang diproksikan dengan return on asset (ROA) , likuiditas yang diproksikan dengan current ratio (CR), dan Leverage yang diprosikan dengan debt to equity ratio (DER). Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Islamic Social Reporting (ISR). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar pada Jakarta Islamic index (JII) periode 2009-2013. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel berjumlah 50 sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Pengolahan data menggunakan aplikasi program komputer SPSS 21. Hasil pengujian mengunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan (SIZE) yang diproksikan dengan Lnsize dan profitabilitas yang diprosikan dengan return on asset ROA secara parsial berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Sedangkan likuiditas yang diproksikan dengan current ratio (CR) dan Leverage yang diproksikan dengan debt to equity ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Selanjutnya hasil penelitian juga membuktikan bahwa variabel independen secara simultan berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Kata kunci :Islamic Social Reporting (ISR), Ukuran Perusahaan (SIZE),profitabilitas (ROA) Likuiditas (CR),Leverage (DER)

    Abstraction

    The research is aim to recognize the factor that influence Islamic Social Reporting (ISR) disclosure at the company which is registered in Jakarta Islamic Index (JII). Independent variable in the research is company’s size (LN size), Profitability (ROA), liquidity (CR), and leverage (DER). Meanwhile, dependent variable in the research is Islamic Social Reporting (ISR). The subjects in this research are all companies which is registered in Jakarta Islamic Index (JII) in 2009-2013 period. The technique of sample taking uses purposive sampling. The total of sample is 50 samples. The method of analyzing data uses multiple linear analysis technique. The data is analyzed by using computer application program SPSS 21. The result of this research by using multiple linear analysis shows that company’z size variable (LN Size), profitability (ROA) variable partially had an effect to disclosure of Islamic Social Reporting. On the other hand, liquidity (CR) and leverage (DER) variables partially had no effect toward the disclosure of Islamic Social Reporting. The result of this research had proven that indepent variable simultaneously had an effect of Islamic Social Reporting. Keyword: Islamic Social Reporting (ISR), company’z (LN Size), profitability (ROA, liquidity (CR), leverage (DER)

Detail Jurnal