Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009 - 2014)
    Penulis : KHOIRIYAH
    Dosen Pembimbing I : Anita Carolina, SE., Mbus., Adv., QIA., CA
    Dosen Pembimbing II :Anis Wulandari, SE., MSA., Ak., CA
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh rasio keuangan terhadap praktik creative accounting (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2014). Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah discretionary accrual (DA) untuk creative accounting dengan menggunakan Kothari model. Rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah: rasio profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA), rasio solvabilitas yang diproksikan dengan Debt to Total Asset (DTA), dan rasio likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio (CR). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 180 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 21. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : 1) rasio profitabilitas yang diproksikan dengan ROA tidak berpengaruh terhadap praktik creative accounting, 2) rasio solvabilitas yang diproksikan dengan DTA tidak berpengaruh terhadap praktik creative accounting, dan 3) rasio likuiditas yang diproksikan dengan CR tidak berpengaruh terhadap praktik creative accounting. Kata kunci : creative accounting, rasio keuangan, discretionary accrual.

    Abstraction

    This research has a goal to identify and examine the effect of financial ratios to creative accounting practices (a Case study of manufacturing company listed in the Indonesia stock exchange on years 2011-2014). Measuring instrument used in this research is the discretionary accrual (DA) for the creative accounting by using Kothari models. Financial ratios used in this research is : profitability ratios proxied by ROA, solvency ratio proxied by DTA, and liquidity ratio proxied by CR. The Sampling technique used purposive sampling method and 180 are determined as samples. Analytical method used are multiple linear regression analysis by used SPSS 21. Test results show that : 1) profitability ratios is proxied by ROA does not affect to creative accounting practices, 2) solvency ratio proxied by DTA does not affect to creative accounting practices, and 3) liquidity ratio proxied by CR does not affect to creative accounting practices. Keywords : creative accounting, financial ratios, discretionary accrual.

Detail Jurnal