Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MANAJEMEN MUTU TERPADU (TQM) TERHADAP KINERJA MANAJEMEN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PAMEKASAN
    Penulis : FITRIATUS SHOLEHAH
    Dosen Pembimbing I : Dr. BAMBANG HARYADI, S.E., M.Si., AK., AC
    Dosen Pembimbing II :ANIS WULANDARI., S.E., MSA., AK., CA
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada tidaknya hubungan antara TQM dengan 10 subvariabel yang diteliti, yaitu: fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim (teamwork), perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, keterlibatan dan pemberdayaan karyawan, kepemimpinan, perencanaan strategis, informasi dan analisis, proses manajemen berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kinerja manajemen. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pamekasan.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus.Data yang digunakan diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada seluruh kepala bagian dan staf yang setingkat dengan manager tingkat atas dan manager tingkat bawah yang berjumlah 40 orang.Model analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.Pengujian kualitas data yang digunakan adalah validitas data dan uji reliabilitas data.Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji heterokedastisitas, uji multikolonearitas, dan uji normalitas.Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji signifikan parsial (uji-t) dan uji signifikan simultan (uji-F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan 10 variabel TQM berpengaruh terhadap kinerja manajemen.Sedangkan secara parsial 3 subvariabel TQM (fokus pada pelanggan, keterlibatan dan pemberdayaan karyawan, informasi dan analisis) berpengaruh terhadap kinerja manajemen. Dan 7 subvariabel TQM (obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim, perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, kepemimpinan, perencanaan strategis, dan proses manajemen) tidak berpengaruh terhadap kinerja manajemen.

    Abstraction

    This aims of this study is to identify and analyze the relationship between TQM and 10 subvariable studied, namely: focus on the customer, obsession to quality,teamwork (teamwork), the improvement ofsystem that ongoing basis, education and training,involvement and empowerment of employees, leadership, strategic planning, information and analysis, management process was influenced as partial and simultaneous to the performance of management. This research was conducted at the Regional General Hospital (Hospital) Pamekasan. The sampling technique use is census. The data that are used were obtained through questionnaires to all section heads and staff level with the top-level of managerand lower level of manager wich count of 40 people. Analysis model that is used is multiple linear regression. The data quality testing that is used are data validity and reliability data testing. Classic assumption test used is the test of heterocedasticity, multikolonearitas test, and test for normality. The hypothesis testing that is used are partial significance test (t-test) and significant simultaneous test (F-test). The results of this study showed that simultaneous 10 TQM variables affect to the performance of management. While, partially 3 subvariable TQM (customer focusing on the involvement and empowerment of employee,information and analysis) effect on the performance of management. Then, 7 subvariable TQM (obsession to the quality, teamwork, continuous the systems improvement, education and training, leadership, strategic planning and management process) donot affect to the performance of management.

Detail Jurnal