Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH FAKTOR – FAKTOR TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. MADURA GUANO INDUSTRY DI KAMALPenulis : ROM KITTIYEHDosen Pembimbing I : Dr. Muhammad Alkirom Wildan, SE., MSiDosen Pembimbing II :Helmi Buyung Aulia S. ST., SE., M.MT.Abstraksi
Rom Kittiyeh, 120211100145. Pengaruh Faktor-Faktor Total Quality Management (TQM) terhadap Kinerja Karyawan bagian produksi pada PT. Madura Guano Industry di Kamal. Di bawah bimbingan Dr. Muhammad Alkirom Wildan, SE., MSi dan Helmi Buyung Aulia S, ST., SE., M.MT Total Quality Management (TQM) merupakan suatu teknik manajemen modern yang digunakan untuk membantu meningkatkan mutu produk, kepuasan konsumen, kepuasan karyawan dan produktivitas yang dilakukan secara terencana, sistematis dan menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor Total Quality Management yang terdiri dari kepemimpinan, pelibatan dan pemberdayaan, pendidikan dan pelatihan, perbaikan berkesinambungan, kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan baik secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan penyebaran kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 56 orang karyawan di bagian produksi pada PT. Madura Guano Industry di Kamal. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Untuk teknik penarikan sampel menggunakan Proportionate stratifield random sampling, dan dianalisis dengan menggunakan alat uji analisis regresi linier berganda. Untuk menguji instrument penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, sedangkan teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda; 1) secara parsial variabel kepemimpinan, pelibatan dan pemberdayaan karyawan, pendidikan dan pelatihan, perbaikan sistem secara berkesinambungan dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan dengan nilai variabel kepemimpinan thitung= 2,264, pelibatan dan pemberdayaan thitung = 2,137, pendidikan dan pelatihan thitung=2,134, perbaikan berkesinambungan thitung =2,153, kepuasan kerja thitung =2,084; 2) Secara simultan variabel kepemimpinan, pelibatan dan pemberdayaan karyawan, pendidikan dan pelatihan,perbaikan sistem secara berkesinambungan dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,764. Kata Kunci: Total Quality Management, Kinerja Karyawan
AbstractionRom Kittiyeh, 120211100145. “The Effect of Total Quality Management (TQM) Factors on the Employee’s Performance of Production Division in PT. Madura Guano Industry in Kamal”. Under the guidance of Dr. Muhammad Alkirom Wildan, SE., MSi and Helmi Buyung Aulia S, ST., SE., M.MT Total Quality Management (TQM) is a modern management technique used to intensify the quality of products, consumer satisfaction, employee’s satisfaction and planned productivity, sistematically and entirely. The aims of this study are to explain the factors of Total Quality Management (TQM), those are: leadership, participation and empowerment of the employees, education and training, continuous system improvement, and job satisfaction variables effect to the employee’s performance in both simultaneously and partially. This study used qualitative research method by using observation method and giving some questioners. The number of samples used in this reseach are 56 employees in the production division of PT. Madura Guano Industry in Kamal. Sampling method uses Slovin formula. Sampling technique uses Proportionate Stratifield Random Sampling, and it is analyzed by using multiple linear regression analysis test tool. To test the instruments, this study uses classic assumption test, while the analysis technique that used to test the hypothesis is F test and t test. The result of multiple linear regression analysis are; 1) partially, leadership, participation and empowerment of the employees, education and training, continuous system improvement, and job satisfaction variables effect to the employee’s performance with the value of leadership variable tcount 2,264, participation and empowerment of the employees tcount 2,137, education and training tcount 2,134, continuous system improvement tcount 2,153, job satisfaction tcount 2,084; 2) leadership, participation and empowerment of the employees, education and training, continuous system improvement, and job satisfaction variables effect simultaneously are positive and significant to the employee’s performance with the Adjusted R Square of 0,764. Keywords: Total quality management, Employee’s Performance