Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh citra toko terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Burneh
    Penulis : Fauzan
    Dosen Pembimbing I : Yustina Chrismardani, S,Si,.MM
    Dosen Pembimbing II :Hadi Purnomo, S,E,.MM
    Abstraksi

    ABSTRAK Fauzan. 2016. Pengaruh Citra toko terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Burneh, dibawah bimbingan ., Yustina Chrismardani,SSi.,MM dan Hadi Purnomo, SE., MM. Citra toko merupakan salah satu langkah pemasaran bagi keberhasilan perusahaan, baik yang bergerak dalam bidang produksi barang maupun jasa. Alfamart Burneh merupakan salah satu bisnis eceran yang bergerak dalam jual beli barang yang perlu memperhatikan perilaku konsumen untuk pengambilanl keputusan. Variabel Citra toko menggunakan teori Utami 2010 yang terdiri dari barang dagangan, promosi, kenyamanan, fasilitas toko, pelayanan toko, atmosfer toko, dan merek terkenal. Tujuan penlitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh citra toko yang terdiri dari barang dagangan, promosi, kenyamanan, fasilitas toko, pelayanan toko, atmosfer toko, dan merek terkenal secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Burneh, (2) untuk mengetahui variabel citra toko yang berpengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian di Alfamart Burneh. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh citra toko terhadap keputusan pembelian di Alfamart Burneh. Teknik pengambilan sampel menggunakan aksidental sampling dengan 97 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, kepustakaan, dan kuesioner dan menggunakan skala likert untuk mengukur jawaban responden. Untuk menguji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra toko yang terdiri dari barang dagangan, promosi, kenyamanan, fasilitas toko, pelayanan toko, atmosfer toko, dan merek terkenal berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian di Alfamart Burneh. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel barang dagangan (X1), kenyamanan (X3), dan atmosfer toko (X6) secara parsial juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) di Alfamart Burneh. Sementara variabel yang berpengaruh lebih besar terhadap keputusan pembelian di Alfamart Burneh adalah variabel barang dagangan (X1). Kata Kuci : Citra toko, Keputusan pembelian

    Abstraction

    Abstact Fauzan.2016. the influence of Store image toward consumer purchase decision in Burneh Alfamart. Advisor: Yustina Chrismardani,S.S.,MM and Hadi Purnomo, SE., MM. Store image is one of the marketing steps for successful business either production or service. Alfamart Burneh is one of retail businesses in It need consumer’s behavior to decide something to develop the marketing. Store variable image uses Utami theory (2010) that include commerce items, promotions, freshness, facilities, service, store atmosphere, and famous brands. The aim of this study; 1) To know the influences of store image that include commerce items, promotions, freshness, facilities, service, store atmosphere, and famous brands simultaneously toward consumer purchase decision in Burneh Alfamart. 2) To know Store image variable that has bigger influences toward consumer decision in Alfamart Burneh. This study uses quantitative research to know how the influence of store image toward consumer decisions in Burneh Alfamart. The techniques of sampling data are interview, literature, questionnaire and using likert scale to examine the respondent’s answer. To examine the instruments use validities test, reliabilities test, classic assumptions test. The technique of analyzing data is double regression linier analysis because using more than one variable with T test. The result of this study shows that Store variable image include commerce items, promotions, freshness, facilities, services, store atmosphere, and famous brands influence simultaneously toward consumer purchase decision in Burneh Alfamart. Therefore, it’s not all of store variable images influence partially to consumer purchase decision in Burneh Alfamart. Finally, Commerce items variable influences more than others toward consumer purchase decision in Burneh Alfamart. Key words: Store image, purchase decision.

Detail Jurnal