Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Loyalitas dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan BPR JATIM - Bank UMKM Jawa Timur KC se-MaduraPenulis : INDRA DWI DARMAWANDosen Pembimbing I : Dra. Hj. S. Anugrahini Irawati, MMDosen Pembimbing II :Drs. Ec. Mudji Kuswinarno.,MSiAbstraksi
ABSTRAK Indra Dwi Darmawan, 120211100115, Pengaruh Loyalitas dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan BPR JATIM - Bank UMKM Jawa Timur KC se-Madura. Dibawah bimbingan Dra. Hj. S. Anugrahini Irawati, MM. dan Drs. Ec. Mudji Kuswinarno.,MSi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi variabel loyalitas dan kepuasan kerja mempengaruhi kinerja karyawan BPR JATIM - Bank UMKM Jawa Timur KC se-Madura baik secara parsial, simultan dan variabel yang dominan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana populasinya adalah seluruh karyawan BPR JATIM - Bank UMKM Jawa Timur KC se-Madura berjumlah 74 responden. Berdasarkan uji statistik, ditemukan bahwa loyalitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat di lihat dengan nilai koefisien regresi (B) sebesar 0,424 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari a = 0,05. Sedangkan hasil thitung sebesar 3,809 lebih besar dari ttabel sebesar 0,67796. Selanjutnya di temukan bahwa kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat di lihat dengan nilai koefisien regresi (B) sebesar 0,463 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari a = 0,05. Sedangkan hasil thitung sebesar 4,171 lebih besar dari ttabel sebesar 0,67796. Kemudian ditemukan secara bersama-sama atau simultan loyalitas dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung sebesar 89,065 lebih besar dari Ftabel yaitu 3,13 dengan tingkat signifikansi 0,000 <0,05. Sedangkan untuk variabel yang dominan kepuasan kerja berpengaruh lebih dominan terhadap kinerja karyawan daripada loyalitas. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien Beta kepuasan kerja sebesar 0,436> dari nilai koefisien Beta loyalitas sebesar 0,424. Kata Kunci:Loyalitas, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan.
AbstractionABSTRACT Indra Dwi Darmawan, 120211100115, The Effect of Loyalty and Job Satisfaction on the Employee’s Performance of BPR JATIM - Bank UMKM East Java Branch Office in Madura. Under the guidance of Dra.Hj. S. Anugrahini Irawati, MM andDrs. Ec. Mudji Kuswinarno., MSi. The purpose of this study was to identify whether the variables of loyalty and job satisfaction affectsthe performance of JATIM Bank BPR employees and UMKM East Java, Branch Office in Madura, either partially, simultaneously and which variable that has the dominan effect. This studyuses quantitative methods where the participants are all employees of JATIM Bank and UMKM East Java in Madura region in total of 74 respondents. Based on statistical test, it was found that loyalty gives positive and significant effects on employee’s performance, it can be seen with the regression coefficient (B) of 0.424 and has a significance value of 0.000 which is smaller than a = 0.05. While the results thitung 3.809 greater than ttabel 0.67796. Furthermore, the author found that job satisfaction and significant positive effect on employee performance, it can be seen with the regression coefficient (B) of 0.463 and has a significance value of 0.000 which is smaller than a = 0.05. While the results thitung 4.171 greater than ttabel 0.67796. Later it was found together or simultaneous loyalty and job satisfaction and significant positive effect on employee performance, it can be seen from the Fhitung 89.065 Ftable is greater than the significance level of 3.13 with 0.000 <0.05. While for the dominant variable job satisfaction is more dominant influence on employee performance rather than loyalty. It can be seen from the coefficient of 0.436 job satisfaction Beta> Beta coefficient of loyalty at 0.424. Keywords:Loyalty, Job Satisfaction, Employee’s Performance.