Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Kompetensi dan Hubungan Antar Manusia (Human Relation) terhadap Kinerja Karyawan PDAM Sumber Pocong Bangkalan
    Penulis : Hendy Prasetia Dinata
    Dosen Pembimbing I : Dra. Hj. S. Anugrahini Irawati, MM
    Dosen Pembimbing II :Faidal, SE., MM.
    Abstraksi

    ABSTRAK Hendy Prasetia Dinata, 120211100108, Pengaruh Kompetensi dan Hubungan Antar Manusia (Human Relation) terhadap Kinerja Karyawan PDAM Sumber Pocong Bangkalan. Dibawah bimbingan Dra. Hj. S. Anugrahini Irawati., MM dan Faidal., SE., MM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi variabel kompetensi dan hubungan antar manusia (human relation) mempengaruhi kinerja karyawan PDAM Sumber Pocong Bangkalan baik secara parsial, simultan dan variabel yang paling dominan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan total populasi 167 dan total sampel 63 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, serta teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Penelitian ini di analisis menggunakan uji analisis regresi linier berganda, untuk menguji instrument penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, dan teknik analisis untuk menguji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Berdasarkan uji statistik, ditemukan bahwa kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat di lihat dengan nilai koefisien regresi (B) sebesar 0,472 dan memiliki nilai signifikasi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari a = 0,05. Sedangkan hasil thitung sebesar lebih besar 3,478 dari ttabel sebesar 1,67065. Selanjutnya di temukan bahwa hubungan antar manusia (human relation) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat di lihat dengan nilai koefisien regresi (B) sebesar 0,447 dan memiliki nilai signifikasi sebesar 0,007 yang lebih kecil dari a = 0,05. Sedangkan hasil thitung sebesar 2,797 lebih besar dari ttabel sebesar 1,67065. Kemudian ditemukan secara bersama-sama atau simultan kompetensi dan hubungan antar manusia (human relation) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung sebesar 89,194 lebih besar dari Ftabel yaitu 3,15 dengan tingkat signifikasi 0,000 <0,05. Sedangkan untuk variabel yang paling dominan kompetensi berpengaruh lebih dominan terhadap kinerja karyawan daripada hubungan antar manusia. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien Beta kompetensi sebesar 0,493 > dari nilai koefisien Beta hubungan antar manusia (human relation) sebesar 0,397. Kata Kunci: Kompetensi, Hubungan Antar Manusia (Human Relation), Kinerja Karyawan.

    Abstraction

    ABSTRACT Hendy Prasetia Dinata, 120211100108, The Effect of Competence and Human Relation on the Employee’s Performance of PDAM Sumber Pocong Bangkalan. Under the guidance of Dra. Hj. S. Anugrahini Irawati., MM and Faidal., SE., MM. The aim of this study The aim of this study is to identify whether variables of competence and human relation have an effect on the employee’s performance of PDAM Sumber Pocong Bangkalan either partially or simultaneously and which variable that has dominant effect. This study uses quantitative method in which the population is all of the employees of PDAM Sumber Pocong Bangkalan. Population in this study is as much as 167 employees with the total sample are 63 employees. Sampling method uses slovin formula, and simple random sampling is used as sample recruitment technique. This study is analyzed by using multiple linier regressions analysis test, to test the instrument in this study, classical assumption test is used, then t test and F test are used as analysis technique to test the hypothesis. Based on the statistical test, it is found that competence has a significant positive effect on the employee’s performance, this can be seen from the value of regression coefficient (B) of 0,472 and has a significance value of 0,001 which is smaller than a = 0,05. While the results of tcount is 2,123 which is greater than ttable1,67065. Then, it is found that human relation has a significant positive effect on the employee’s performance, it can be seen from the value of regression coefficient (B) of 0,447 and has a significance value of 0,007 which is smaller than a = 0,05. While the results of tcount is 2,797 which is greater than ttable 1,67065. Furthermore, it is found that together or simultaneously, competence and human relation have a significant positive effect on the employee’s performance, it can be seen from the value of Fcount of 89,194 which is greater than Ftable 3,15 with significance level of 0,000 <0,05. While for the most dominant variable, competence gives more dominant effect on the employee’s performance than human relation. It can be seen from Beta coefficient value of competence which is 0, 493 > from Beta coefficient value of human relation which is 0, 397 Keywords: Competence, Human Relation, Employee’s Performance.

Detail Jurnal