Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk SpritePenulis : Achmad Asroril JazaDosen Pembimbing I : Dr. A. Yahya Surya Winata, S.E., M.SiDosen Pembimbing II :Yustina Chrismardani S.si., MM.Abstraksi
Achmad Asroril Jaza, 2017. “Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sprite Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan yang terdiri dari isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan terhadap pengambilan keputusan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dalam membeli produk Sprite, serta untuk mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap pengambilan keputusan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dalam membeli produk Sprite. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang telah melihat iklan Sprite versi nyatanya nyegerin di media televisi dan melakukan pembelian produk Sprite. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 responden, sedang untuk teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Iklan Sprite yang terdiri dari variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Sprite. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan sebagai berikut: Y = 2,483 + 0,554X1 + 0,042X2 + 0,068X3 + 0,131X4 + e. Berdasarkan hasil uji t atau secara parsial diketahui bahwa variabel isi pesan memiliki nilai sebesar 0,554, struktur pesan memiliki nilai sebesar 0,042, format pesan memiliki nilai sebesar 0,068, dan sumber pesan memiliki nilai sebesar 0,131. Artinya variabel isi pesan adalah yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Sprite. Kata Kunci : Iklan, Televisi, dan Keputusan Pembelian
AbstractionAchmad Asroril Jaza, 2017. “The Effect of Advertisement on Buying Decision of Sprite Product This study has objectives to know the effect of advertisement that consists of message content, message structure, message format, and message source on buying decision of students of University of Trunojoyo Madura in buying Sprite product, and to know which variable that most influence on decision-making of students of University of Trunojoyo Madura in buying Sprite product. The population of this study is the students of University of Trunojoyo Madura that have seen Sprite advertisement version of Nyatanya Nyegerin in television and bought the Sprite product. The sample in this study consists of 97 respondents, while the sampling technique is Non probability sampling. The sampling is done by using purposive sampling method. Moreover, the technique of data analysis uses multiple linear regression analysis method because there are more than two variables that used with F test and t test. The results of the study show that simultaneously, the Sprite advertisement that consists of message content, message structure, message format, and message source variables has an effect on the buying decision of Sprite product. Based on the result of multiple linear regression analysis obtained by the following equation : Y = 2,483 + 0,554X1 + 0,042X2 + 0,068X3 + 0,131X4 + e. Based on the result of t test or partially, it is found that the message content variable has value of 0,554, message structure has value of 0,042, message format has value of 0,068, and message source has value of 0,131. It means that the message content variable is the most influence variable on the buying decision of Sprite product. Keywords: Advertisement, Television, and Buying Decision