Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung obyek Kebun Binatang Surabaya.
    Penulis : Rio Satrianto Ramadhan
    Dosen Pembimbing I : Nirma Kurriwati, S.P., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Yudhi Prasetya Madha SE., MM.
    Abstraksi

    Rio Satrianto Ramadhan, Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung obyek Kebun Binatang Surabaya. Di bawah bimbingan Nirma Kurriwati, S.P., M.Si. dan Yudhi Prasetya Madha SE., MM. Kebun Binatang Surabaya sebagai tempat wisata memberikan kontribusi dalam membangun perokonomian Indonesia. Akan tetapi, akhir-akhir ini pengunjung KBS dirasakan mulai berkurang disebabkan oleh adanya berbagai pemberitaan seperti semakin berkurang dan punahnya satwa-satwa di KBS serta adanya penilaian negatif oleh sebagian besar pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi secara simultan maupun parsial terhadap keputusan berkunjung wisatawan KBS. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Kebun Binatang Surabaya, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 97 responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel cognitive image berpengaruh signifikan dan positif secara parsial terhadap keputusan berkunjung wisatawan Kebun Binatang Surabaya; (2) variabel affective image berpengaruh signifikan dan positif secara parsial terhadap keputusan berkunjung wisatawan Kebun Binatang Surabaya; (3) variabel cognitive image dan affective image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan Kebun Binatang Surabaya. Kata kunci: Cognitive Image, Affective Image, Keputusan Berkunjung

    Abstraction

    Rio Satrianto Ramadhan,. The influence of destination image toward visiting decision in Surabaya Zoo (KBS) under the guidance Nirma Kurriwati, S.P., M.Si. dan Yudhi Prasetya Madha SE., MM. Surabaya Zoo (KBS) as a tourist spot has contributed in building the economy of Indonesia. However, lately, the visitors of KBS began to decrease due to the various reports such as diminishing and the extinction of many animals in KBS and also the negative votes by most visitors. This study has an objective to know the effect of destination image either simultaneously or partially on visiting decision of KBS visitors. This study uses quantitative research. The population in this study is all visitors of KBS, while the sample is 97 respondents that taken by using accidental sampling. The collecting data is done by distributing questionnaires. Technique of data analysis that used is multiple linier regressions. The results of this study show that: (1) cognitive image variable has a positive significant effect partially on the visiting decision of KBS visitors; (2) affective image variable has a positive significant effect partially on the visiting decision of KBS visitors; (3) cognitive image and affective image variables have significant effect simultaneously on the visiting decision of KBS visitors. Keywords: Cognitive Image, Affective Image, Visiting Decision

Detail Jurnal